Tangkal Wabah, Pemdes Semabu Gelar Kegiatan Burda



Kamis, 05 Agustus 2021 - 19:31:03 WIB



JAMBERITA.COM, SEMABU- Pemerintah Desa Semabu melakukan kegiatan "Burda (Baradda)" dalam rangka menjauhkan segala wabah penyakit. 

Dalam situasi pandemi covid -19 yang tengah dirasakan oleh Negara-negara didunia dan khusus Negara Indonesia. Segala upaya dan usaha harus dilakukan untuk memutus rantai penyebaran covid-19, yang sudah terlaksana sesuai anjuran dari pemerintah adalah dengan selalu menerapkan protokol kesehatan mulai dari menggunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan tidak dalam aktivitas kerumunan.

Berbeda dengan hal itu, di Desa semabu mencoba mengangkat kembali tradisi yang sudah pernah ada sebelumnya yakni dengan melaksanakan kegiatan yang dinamakan "Burda (baradda)". Kegiatan ini dilaksanakan ketika ada kejadian luar biasa yang menimpa terkhusus wabah penyakit dan tentunya sedang kita alami sekarang yang bernama virus covid-19 dan kita sama-sama berdoa agar cepat dihilangkan virus ini dari bumi ini, Ujar pak junaidi selaku imam dan sebagai pemandu kegiatan burda tersebut.

Kegiatan burda ini sudah ada sejak lama dan sudah dilaksanakan di Desa Semabu sebelum-sebelumnya.

Tiga malam secara berturut-turut dari pangkal desa sampai ujung desa berjalan kaki dan dihiasi dengan suara yang menyeru kalimatunthayyibah dikumandangkan bersama-sama seluruh lapisan masyarakat semabu khusus laki-lakinya saja mulai dari anak-anak sampai orang dewasa.

Penyampaian Bapak kepala desa yakni Drs. Muhammad Hatta saat penutupan kegiatan mengatakan bahwa kegiatan burda (baradda) ini akan menjadi salah satu kegiatan prioritas pemerintah desa disampiang penerapan protokol kesehatan dan akan tetap dilanjutkan selama pandemi ini masih melanda kita, kegiatan berjalan sangat baik dengan persiapan yang matang mulai dari persiapan pelengkapan sampai kepada teknis pelaksanaannya. 

Turut hadir juga kepala desa beserta jajarannya dalam pelaksanaan selama tiga malam itu menandakan bahwa pimpinan harus terlibat aktif dalam setiap kegiatan dan bentuk apresiasi kepada seluruh masyarakat Desa Semabu yang sudah meluangkan waktunya untuk ikut berpartisipasi dan sama-sama mensukseskannya.

Disamping itu selain diramaikan oleh masyarakat setempat juga diramaikan oleh mahasiswa KKU (Kuliah Kerja Usaha) dari STIA Setih Setio Muara Bungo yang sudah beberapa minggu berada dilokasi KKU. 

Habib panggilan akrabnya selaku Ketua Posko mengatakan bahwa kegiatan ini sangat unik dan memberikan saya wawasan dan ilmu baru yang dimana sebelumnya saya belum pernah melihat dan turut ikut serta dalam kegiatan yang semacam ini yakni proses dalam menjauhkan wabah penyakit.

 Mudah-mudahan kegiatan ini bisa dikembangkan oleh generasi penerus yang ada di Desa dan tetap menjadi tradisinya masyarakat Desa Semabu.(*/sm)



Artikel Rekomendasi