LKB HMI Cabang Jambi Berkomitmen Cegah Korupsi Sejak Dini



Kamis, 22 April 2021 - 14:04:55 WIB



Oleh: Muhammad Phadol

 

Dalam suasana Bulan Ramadhan yang penuh berkah Rabu 21 April 2021, menjelang waktu berbuka puasa LKBHMI Cabang Jambi melakukan diskusi bersama Rindar Mandala SH yang merupakan Ketua Korps Penyuluh Anti Korupsi (KOPAJA).

Acara digelar di cafe pintu kecil. Ada banyak hal yang didiskusikan dalam pertemuan tersebut mulai dari dari peran LKBHMI dalam pencegahan korupsi, tugas dan fungsi KOPAJA dan bagaimana langkah LKBHMI Cabang Jambi Kedepan.

KOPAJA merupakan hal baru di Provinsi jambi khususnya. Ini disampaikan oleh Rindar Mandala, S.H.

KOPAJA bukanlah sebuah badan atau lembaga yang memiliki tugas, fungsi dan wewenang untuk memberantas korupsi secara langsung.

KOPAJA memiliki tugas dan fungsi untuk memberikan pendidikan dan penyuluhan kepada masyarakat akan pentingnya sikap anti korupsi.

Mengingat korupsi merupakan kejahatan yang luar biasa yang dilakukan dengan luar biasa sistematis dan terstruktur.

Sehingga sangat mustahil apabila pemberantasan korupsi hanya dilakukan secara represif maka langkah strategis yang dapat dilakukan adalah dengan menanamkan sikap anti korupsi dari dini dengan pendidikan dan penyuluhan anti korupsi.

"Semoga LKB HMI Jambi menjadi striker Utama untuk melaksanakan pendidikan Antikorupsi khusuanya di kalangan pemuda diprovinsi jamb dan semoga Pergerakan kita didukung oleh semua pihak di Provinsi Jambi," ujar Rindar Mandela.

LKB HMI cabang Jambi merupakan kepengurusan ketiga. Ini disampaikan Azhar Sidiq Direktur Lembaga Kajian dan Bantuan Hukum Mahasiswa Islam (LKBHMI).

“Kita akan membuat suatu Program dimana mahasiswa Hukum, tentunya Seluruh Kader HMI mendapatkan suatu Pelatihan khusus di Bidang Advokasi diluar Pengadilan," katanya.
Seperti dalam teori sistem hukum Lawrence M. Friedman agar suatu aturan hukum dapat berjalan dengan baik maka ketiga komponen berikut harus baik pula seperti substansi hukum, struktur hukum dan budaya hukum.

Pendidikan dan penyuluhan seputar Hukum itu diharapkan dapat membenahi budaya hukum masyarakat menuju ketaraf yang lebih baik sehingga kedepan mahasiswa, khususnya LKBHMI Cabang Jambi dapat menjadi orang-orang yang menanamkan sikap anti korupsi dan menyebarkan semangat untuk mencegah korupsi.









loading...