SAH Optimis Pilkada Sehat Bisa Dijalankan



Sabtu, 21 November 2020 - 08:33:40 WIB



JAMBERITA.COM- Anggota Komisi IX DPR RI yang membidangi kesehatan Sutan Adil Hendra (SAH) menyampaikan dampak dari adanya pandemi Covid-19 yang mengancam keselamatan jiwa serta keruntuhan ekonomi.

"Covid-19 juga mengakibatkan sempat menunda Pemilihan Kepala daerah, lalu situasi ekonomi kita memburuk, mengancam jiwa kita tanpa terkecuali," ungkapnya di sela-sela sosialisasi makanan sehat dan bebas bahan berbahaya (19/10) di Hotel Grand kemarin. 

Namun Anggota Fraksi Partai Gerindra ini mengatakan situasi ini harus dihadapi dengan sikap optimistis dengan berbekal ilmu pengetahuan, dalam hal ini termasuk helatan pilkada yang telah direncanakan harus tetap berjalan.

“Sebagai manusia yang diberikan kemampuan berpikir, seharusnya kita juga mampu untuk beradaptasi dengan kondisi saat ini. Pilkada tetap bisa dilakukan di tengah pandemi, karena saat ini orang tetap bisa ke kantor, bisa ke pasar bisa kemanapun, masa Pilkada tidak bisa? Kuncinya adalah protokol kesehatan," ungkap legislator yang dikenal sebagai Bapak Beasiswa Jambi tersebut. 

Selanjutnya SAH mengatakan kalau ada yang membangun opini bahwa Pilkada Tahun 2020 tidak bisa dilakukan dalam situasi pandemi, maka merupakan tugas bersama untuk menjelaskan urgensi dari Pilkada ini. Juga skenario-skenario yang telah disusun oleh Pemerintah dan Penyelenggara Pilkada bahwa pesta demokrasi ini bukan sebagai ajang penyebaran Covid-19.

"Semua tahapan Pilkada mulai dari pendaftaran, pengambilan nomor urut, kampanye hingga saat pencoblosan sudah diatur sedemikian rupa mematuhi protokol kesehatan. Ini yang harus kita beri pengertian kepada masyarakat,” jelasnya.

Karena menurut Kandidat Doktor Ekonomi dari Universitas Jambi ini tujuan dari penyelenggaraan kegiatan yang pertama sekali adalah untuk mengevaluasi terkait dengan pelaksanaan penegakan protokol kesehatan Covid-19 khususnya di daerah-daerah yang akan melaksanakan Pilkada tahun 2020, pungkasnya.(*/sm)









loading...