Sah, Kedua Perguruan Tinggi Ini Jadi Universitas Nurdin Hamzah (UNH) Jambi



Kamis, 17 September 2020 - 17:08:59 WIB



JAMBERITA.COM - Mendikbud RI akhirnya memutuskan Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (STISIP) dan Sekolah Tinggi Management Informatika Komputer (STMIK) menjadi Universitas Nurdin Hamzah (UNH) Jambi.

Akademisi UNH Burlian Senjaya membenarkan kedua sekolah tinggi tersebut menjadi Universitas Nurdin Hamzah (UNH), sebagaimana tercantum dalam salinan Surat Keputusan (SK) Mendikbud RI nomor 816/M/2020 pada 3 September 2020 pekan lalu.

"Status perubahan diperoleh setelah mendapatkan izin perubahan bentuk dari Dirjen Pendidikan Tinggi Kemenristek dan Dikti," ujarnya, tampak didampingi Syafrial yang juga Akademisi, Kamis (17/9/2020).

Menurutnya, proses penyerahan SK dihadiri Prof. Herri (Kepala LLDIKTI X), Yandri, MH (Sekretaris Pelaksana LLDIKTI X) dan Tetri Aida, MH (Kabag Kelembagaan LLDIKTI X) dan langsung diberikan kepada Ketua BPH M Sum Indra, SE. MMSI.

"Awalnya STEMIK dan STISIP merupakan dua perguruan tinggi yang berbeda tapi satu Yayasan. STEMIK fokus studi Ilmu Manajemen dan Komputer, dan STISIP di bidang studi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik," terangnya.

Burlian menjelaskan, kedua sekolah tersebut mempunyai sejarah yang berbeda, dimana STEMIK mengalami transformasi sebanyak tiga kali, mulai dari AMIK, STMIK, dan sampai saat ini menjadi UNH.

"STEMIK beridiri tahun 1992 silam, semula dengan nama Akademik Manajemen Informatika dan Komputer (AMIK) Jambi yang waktu itu hanya membuka program Diploma III (D3) Manajemen Informatika," katanya.

Dengan melihat perkembangan pendidikan serta peluang yang ada maka tahun 1996 STEMIK membuka program Strata-1 (S-1) dengan jurusan Manajemen Informatika (sekarang Sistem Informasi) yang saat ini terdiri dari 2 program studi yang telah terakreditasi B oleh BAN-PT, yakni Sistem Informasi (SI) dan Teknik Infomatika (TI).

"Sedangkan STISIP mengalami transformasi sebanyak dua kali yaitu dari STISIP menjadi UNH. STISIP berdiri tahun 2004 dan memiliki dua program studi yang telah Terakreditasi B oleh BAN-PT, yaitu Program Studi Ilmu Pemerintahan dan Program Studi Ilmu Komunikasi," bebernya.

Lebih lanjut kata Burlian, dengan penggabungan antara kedua sekolah itu maka melahirkan dua Fakultas dan Lima Program Studi, yaitu Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM) terdiri dari Program Studi Sistem Informasi, Program Studi Teknik Informatika dan Program Studi Teknologi Informasi.

"Untuk Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIPOL) terdiri dari Program Studi Ilmu Pemerintahan dan Program Studi Ilmu Komunikasi," tambahnya.

Untuk itu dirinya berharap, dengan berubahnya status menjadi UNH Jambi ini agar dapat memicu civitas akademika untuk bekerja lebih keras lagi sekaligus pelayanan yang ditingkatkan untuk menjadi perguruan tinggi terkemuka di lingkungan Kopertis Wilayah X.

"Visinya dalam pengembangan ilmu di bidang teknologi informasi berbasis technopreneur, menjadi Perguruan Tinggi Unggul dalam pengembangan penelitian dan pengabdian berbasis pembangunan masyarakat khususnya di Provinsi Jambi," pungkasnya.(afm)





Artikel Rekomendasi