Hadapi Pilkada Tanjabtim, KPU Harap Ada Kerjasama yang Baik dengan Semua Pihak



Senin, 13 Januari 2020 - 19:53:05 WIB



JAMBERITA.COM, MUARA SABAK - KPU Tanjabtim menggelar Rapat Koordinasi terkait tahapan pemilihan serentak dan persiapan launching pemilihan serentak 2020 di Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim) yang bertempat di ruang rapat Kantor KPU Tanjabtim, Senin (13/01/20) siang.

Rakor yang secara resmi dibuka oleh ketua KPU Tanjabtim Nurkholis tersebut dihadiri pula oleh Wakil Bupati Tanjabtim H. Roby Nahliansyah, Kapolres Tanjabtim AKBP Deden Nurhidayatullah, Pabung Kodim 0419/Tanjab Mayor Inf. Marlianus Pasae, Ketua Bawaslu Tanjabtim Samsedi, Kaban Kesbangpol Abdul Rasid, Kadis Dukcapil Aruji, perwakilan Lapas Narkotika kelas IIIA Muara Sabak, perwakilan BNN Tanjabtim, perwakilan Kejaksaan, Dinas Perhubungan Tanjabtim serta beberapa tamu undangan lainnya.

Dalam kesempatan pihak KPU Tanjabtim mengharapkan adanya kerjasama yang baik antara pihak Pemerintah Kabupaten dan pihak keamanan, dalam hal ini pihak TNI- Polri guna nantinya tercipta Pilkada 2020 yang aman dan kondusif di Kabupaten Tanjabtim.

"Kami sangat mengharapkan dukungan dari pihak - pihak terkait guna nantinya tercipta Pilkada 2020 yang bersih, aman, dan kondusif. Selain itu kami juga berharap koordinasi antar pihak vertikal bisa terjalin dengan baik agar nantinya tidak ada cela sedikitpun yang dapat merusak situasi keamanan dalam perayaan Pilkada 2020 di Tanjabtim," ujar Kholis.

Sementara itu Kapolres Tanjabtim dalam sambutannya mengutarakan, Secara dinamika bisa kita rujuk pada pelaksanaan Pilpres 2019 sebelumnya. Akan tetapi Pemilihan Bupati tahun 2020 ini suasananya tentu berbeda dengan Pilgub dan Pilpres. Setiap pemilihan mempunyai atmosfer tersendiri.

Secara internal kami akan menyiapkan pasukan sebagai pengamanan jalannya Pilbup ini. Nantinya kita akan pelajari terkait kondisi di lapangan dan berkaca pada Pilpres sebelumnya, sehingga kita bisa mengantisipasi kondisi yg akan dihadapi. Diharap, kedepan kita bisa solid dalam menghadapi pilkada.

“Berdasarkan pengalaman terkait penyelenggaraan Pilkada sebelumnya serta Pemilu serentak tahun 2019 yang lalu, kita senantiasa melakukan prediksi dan antisipasi sehingga apa yang kita lakukan mulai sekarang bisa kita persiapkan kemungkinan apa yang akan terjadi,” ungkap Kapolres.

Selain itu, dalam kesempatan ini juga Wabup Tanjabtim menyampaikan dukungan serius dari Pemda Tanjabtim guna mensukseskan Pilkada 2020 di Tanjabtim dengan sebaik - baiknya.

"Kami diundang oleh pihak KPU Tanjabtim terkait Rakor launching Pilkada. Selaku Pemerintah Daerah kami pastinya mensuport agenda - agenda pilkada, kita rapat koordinasi terkait bagaimana dengan pengamanan bagaimana dengan pembiayaan dan semuanya itu sudah dibahas dengan baik," terang Wabup

Selanjutnya Wabup juga menambahkan, dalam waktu dekat rencana dari pihak KPU ialah melaksanakan Launching Pilkada 2020. Terkait hal tersebut, Pemda akan mendukung semua kegiatan positif yang dilaksanakan oleh pihak KPU Tanjabtim

"Diharapkan dengan adanya kegiatan - kegiatan yang diadakan oleh pihak KPU dapat memberi himbauan kepada masyarakat Tanjabtim agar nantinya dapat menjaga kondisi Tanjabtim tetap aman serta kondusif sebelum dan sesudah Pilkada 2020 ini berlangsung. Siapapun pemenangnya dari hasil perolehan sementara maupun setelah penetapan yang sah, kita haru terima dengan legowo. Sebab itu adalah hasil pilihan langsung dari masyarakat," pungkas Wabup yang juga akan maju sebagai Wakil Bupati pada Pilkada 2020 mendatang di Tanjabtim. (hrd)









loading...