Ini Target Prof Suaidi Untuk UIN Selama Masa Kepemimpinannya



Senin, 21 Oktober 2019 - 19:30:31 WIB



Prof Dr H. Su'aidi Asy'ari, MA, Ph.D.
Prof Dr H. Su'aidi Asy'ari, MA, Ph.D.

JAMBERITA.COM - Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Thaha Saifuddin (STS) Jambi saat ini di bawah kepemimpinan rektor terpilih Prof Dr H. Su'aidi Asy'ari, MA, Ph.D. Ada beberapa program yang akan dibawanya untuk memajukan kampus biru ini.

Menurutnya, Perguruan Tinggi itu adalah agen perubahan sosial, dimana hasil penelitian pengabdian kepada masyarakat dan pendidikan pengajaran diharapkan menjadi bentuk perubahan sosial keagamaan.

Untuk itu, dirinya mempunyai misi menjadikan UIN STS Jambi sebagai “Lokomotif Perubahan Sosial, Unggul Nasional menuju Internasional dengan Semangat Moderasi Islam”.

Su'aidi mengatakan, dari moto tersebut akan membuat program unggulan kurikulum moderisasi Islam. Menurutnya, salah satu problem kebangsaan hari ini adalah berhadapan dengan kekuatan Islam yang tidak menguntungkan bagi NKRI.

“Oleh karena itu kita nanti membuat kurikulum itu,” katanya, Kamis, (17/10). Kata dia, dakwah tetap dijalankan, namun harus dengan cara menyenangkan orang lain bukan menakutkan orang lain.

Lanjutnya, misi yang kedua adalah mempercepat peningkatan kualitas dan kuantitas akreditasi lembaga dan Prodi, untuk itu dirinya ingin meningkatkan kapasitas dosen dan juga kapasitas calon alumni. Ini agar bisa berkompetisi di era industri revolusi 4.0.

“Karena itu, saat ini melek teknologi informasi merupakan salah satu agenda terpenting saya,” katanya. Menurutnya, kualitas pendidikan dan universitas, harus diawali dengan peningkatan kualitas dosen, baik di bidang teknologi dan bahasa asing. Selain itu, dirinya juga mengusung paradigma trans integrasi, yang terinspirasi oleh paradigma filsafat modernisme.

Sementara itu, dalam waktu dekat, dirinya menargetkan perubahan wajah pada UIN STS Jambi, yakni memperbaiki fasilitas, seperti membuat taman, tempat parkir yang rapi dan teratur. “Sebisa mungkin saya lakukan dengan cepat, mungkin kalau bisa dalam seminggu atau dua minggu ini ada wajah yang berubah pada wajah kampus ini. Sehingga ada penataan yang lain,” kata dia.

Dirinya optimis dengan misinya tersebut, dan dapat menggaet lebih banyak mahasiswa internasional yang mendaftar di UIN STS Jambi. (am)












loading...