Batanghari Unggul Akan Fasilitasi Desa Untuk Kembangkan Pariwisata



Selasa, 10 September 2019 - 06:38:36 WIB



JAMBERITA.COM-  Ketua TP PKK Batanghari Hj. Yunninta Asmara, SH mengharapkan desa - desa yang potensial bisa memanfaatkan dana desa untuk mengembangkan pariwisata di daerahnya, dimana hal ini bisa sejalan dengan pembangunan infrastruktur. Dengan begitu desa di Batanghari akan bisa mandiri secara finansial.

“Desa-desa sudah waktunya menggunakan dana desa agar mandiri secara finansial. Dimana dana desa sejalan dengan infrastruktur yang mendukung pariwisata, salah satunya dengan mengembangkan potensi agrowisata dan wisata sungai disepanjang Daerah Aliran Sungai (DAS) Batanghari, ungkapnya di Muara Bulian (9/9/2019) kemarin.

Bahkan calon kuat Bupati Batanghari ini  mengatakan sudah banyak desa yang sukses dengan pendapatan desa lebih besar dari pada dana desanya. Desa-desa tersebut mengembangkan dana desa pada beberapa sektor ekonomi.

“Namun yang paling gampang dan cepat membuahkan hasil adalah dengan mengembangkan pariwisata,” katanya.

Dia mencontohkan, salah satu desa yang berhasil memanfaatkan dana desa untuk membangun pariwisata adalah Desa Ponggok, Klaten, Jawa Tengah. Desa tersebut membuat kolam wisata Umbul Ponggok. Di sana para wisatawan bisa berfoto di bawah air sambil berpose dengan benda-benda yang sehari-hari dijumpai di daratan, seperti sepeda motor.

“Kini desa tersebut sudah menghasilkan pendapatan desa sebesar Rp14 miliar, contoh desa lain yang dapat mengembangkan menjadi desa wisata adalah Desa Kutuh di Bali. Desa tersebut berhasil menjadi tempat wisata olahraga paralayang. Desa tersebut sudah bisa menghasilkan Rp17 miliar per tahun dengan jumlah pajak sebesar Rp3 miliar. Nilai pajak itu, lebih besar dibandingkan dari dana desa yang diberikan yaitu sekitar Rp800 juta, jelasnya.

“Kini kesejahteraan masyarakatnya meningkat, angka pengangguran berkurang dan tak ada lagi narkoba di sana,” kata dia.

Untuk membangun desa wisata, menurut Yunninta sebenarnya mudah, yaitu membangun citra desa wisata, membuat acara dan kompetisi.

“Dengan mempergunakan dana desa untuk membangun wisata, maka akan tercipta lapangan kerja dan pendapatan desa yang lebih besar dari dana desa,” kata dia.

Visi Batanghari Unggul akan menawarkan program integratif pariwisata, pertanian, perkebunan dalam satu konsep wisata desa yang menarik dan bernilai, baik dalam bentuk kegiatan, taman, ataupun arena bermain, target Visi Batanghari Unggul, lima tahun ke depan ada 25 desa wisata di Batanghari dengan segala potensi yang dimilikinya.(*/sm)












loading...










#DEBAT KANDIDAT PILWAKO #BAKSO TARSYID #SIDANG SUPRIYONO #PLN #DEBAT PILWAKO 1 #ZOLA DIPERIKSA KPK #BATU BARA #VONIS KETOK PALU #ZUMI ZOLA TERSANGKA #SAROLANGUN #MUARO JAMBI #MERANGIN #Miss Indonesia 2019 #Nenek Zumi Zola Meninggal #BUNGO #BERITA JAMBI #BATANGHARI #cawagub fachrori #caleg PBB Jambi mundur #ZUMI ZOLA #LHKPN #KOTA JAMBI #KERINCI #korem 042/gapu #Kemas Faried #Fachrori Rombak Pejabat #danrem 042 Gapu #SUNGAI PENUH #SUAP KETOK PALU #surat suara Jambi #abdul Fattah meninggal #PRABOWO KE JAMBI #Pemberhentian Zumi Zola #TEBO #TANJABTIMUR #TANJABBARAT #TMMD Kerinci #TABLOID INDONESIA BAROKAH #Rocky Gerung #relawan demokrasi #REKI #Edi Purwanto #UIN STS Jambi #Pelecehan seksual #bawaslu provinsi jambi #Debat Pilpres 4 #Pahlawan nasional #Raden Mattaher #Partai Berkarya #KKI WARSI #pohon asuh #Edi Purwanto #iin inawati #Jambi masa lalu #Sejarah jambi #Musri Nauli #angin kencang Bungo #Kantor Pos Bungo Diterjang Angin #Syaihu ke PTUN #Demo UINS STS Jambi #Pelecehan seksual #Penyelundupan Lobster #Lobster Jambi #masa tenang #money politic #BAWASLU KOTA JAMBI #SYARIF FASHA #FACHRORI UMAR #HASIL PILPRES 2019 #HASIL PILEG 2019 #17 April 2019 #Minyak ilegal #Polda Jambi #KPPS Dipecat #PEMILU 2019 #LOGISTIK PEMILU 2019 #KPU PROVINSI JAMBI #Caleg Gerindra Ditangkap di Sungaipenuh #Mualaf Center Indonesia #kotak suara rusak #Hasil Pileg Tanjabbar #KPPS Meninggal Dunia #Pembakaran Kotak Suara #Prediksi Kursi di Provinsi Jambi #Pleno Rekapitulasi Suara #Harga Bawang putih #PLENO KPU PROVINSI JAMBI #Sutan Adil Hendra #SIDANG PELANGGARAN BAWASLU #Ketua DPRD Kota Jambi #Kemendagri #Samsat Jambi #Ratu Munawarrah #PIlgub Jambi #Anggota DPRD pindah parpol #DPRD Sungai Penuh #aksi Mahasiswa Jambi #GUGATAN PARPOL DI MK #Polda Jambi