Kembali Ke Kerinci Fasha Disambut Hangat Warga, Dari Orasi Ilmiah Hingga Hadiri Kenduri Kampung



Minggu, 01 September 2019 - 22:00:13 WIB



JAMBERITA.COM, SUNGAI PENUH - Wali Kota Jambi Dr. H. Syarif Fasha, ME, kembali menginjakkan kakinya di Bumi Sakti Alam Kerinci. Kali ini, kedatangan orang nomor satu di Kota Jambi itu dalam rangka menghadiri beberapa agenda kegiatan kedinasan dan undangan masyarakat.

Salah satunya adalah memberikan Orasi Ilmiah Yudisium Kelulusan Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Sakti Alam Kerinci (SAK), yang berlangsung di Kampus 2 STIE Kerinci, Desa Tambak Tinggi Kabupaten Kerinci (31/8).

Yudisium tersebut juga dihadiri oleh Ketua STIE Sakti Alam Kerinci Dr. Alvia Santoni, MM., Ketua STIA Nusantara Sakti, Murlinus, SH., MH., Pembina, Ketua dan Anggota Yayasan, seluruh Ketua Jurusan Prodi, para Dosen, BEM, DPM, HIMA STIE, serta para yudisium dan mahasiswa STIE Sakti Alam Kerinci.

Kedatangan Wali Kota Fasha di kampus tersebut, disambut hangat seluruh jajaran Civitas Akademika STIE SAK. Penyambutan diawali dengan tarian persembahan adat masyarakat Kerinci.

Dalam orasinya disalah satu kampus kenamaan di Kerinci itu, Wali Kota Jambi Syarif Fasha mengajak peserta yudisium dan mahasiswa STIE SAK untuk optimis menghadapi tantangan masa depan. Terlebih dalam perkembangan revolusi industi yang telah memasuki era 4.0. Fasha mengajak mahasiswa untuk lebih mengasah diri dalam menghadapi era industri tersebut.

"Generasi masa kini dituntut untuk terus mengasah diri, menjadi generasi yang tangguh. Mampu untuk terus berpikir positif dan mampu beradaptasi dengan berbagai perubahan. Selain itu kalian juga harus mampu melihat dan memanfaatkan berbagai peluang. Mengkolaborasikan ilmu yang didapat di bangku kuliah dengan kemampuan menguasai IT, adalah konsep dasar dalam menghadapi revolusi industri 4.0." ujar Fasha.

Dihadapan kaum terpelajar kampus itu, Wali Kota Syarif Fasha kembali membuktikan kemampuan dirinya sebagai seorang praktisi, sekaligus akademisi dalam dunia kepemimpinan dan kewirausahaan. Fasha tampak mampu membangkitkan semangat motivasi mahasiswa dengan berbagai "best practice"nya sebagai seorang enterpreneur, sekaligus kepala daerah yang sukses membawa perubahan signifikan di Kota Jambi.

"Kenali potensi diri, berani, dan jangan pernah ada rasa takut. Jangan jadikan kegagalan sebagai momok yang akan menghentikan langkah kita dalam menatap masa depan," pesan Fasha.

Dia juga berharap STIE Sakti Alam Kerinci, akan melahirkan para professional termasuk pemimpin-pemimpin hebat baik di tingkat daerah seperti di kabupaten/kota hingga di tingkat provinsi dan nasional.

"Harapan kami dengan selesainya proses belajar di STIE ini, ke depan nanti kalian bisa mengimplementasikan ilmu yang selama ini didapat di bangku kuliah. Tiga jurusan ekonomi ini memang dibutuhkan untuk ke depannya di era 4.0. Setelah tamat jangan berpuas diri dengan gelar yang ada. Mudah-mudahan dari STIE Sakti Alam Kerinci ini, akan muncul pemimpin-pemimpin hebat, baik di tingkat daerah seperti di kabupaten/kota maupun di tingkat provinsi dan nasional nantinya," harap Wali Kota Jambi itu.

Orasi ilmiah tersebut juga dirangkai dengan sesi tanya jawab interaktif bersama mahasiswa dan Civitas Akademika STIE Sakti Alam Kerinci. Tampak beberapa mahasiswa antusias mengajukan pertanyaan kritis kepada Wali Kota Jambi terkait kebijakan dan visi strategis dirinya sebagai kepala daerah. Seperti, kebijakan dan tata kelola perizinan usaha, pembangunan infrastruktur dan pariwisata, serta tanggapannya terkait berbagai potensi yang ada di wilayah Provinsi Jambi, yang dapat di eksplore oleh lulusan STIE SAK. Fasha pun mampu memberikan jawaban memuaskan yang disambut dengan tepuk tangan.

Orasi Ilmiah dalam Yudisium itu dilanjutkan dengan penyerahan piala kepada juara Olimpiade Ekonomi yang diselenggarakan oleh STIE SAK, oleh Wali Kota Fasha dan penyerahan plakat serta piagam penghargaan oleh STIE SAK kepada Wali Kota Jambi sebagai nara sumber dalam acara tersebut.

Rangkaian acara di akhiri dengan foto bersama Wali Kota Jambi Syarif Fasha bersama Civitas Akademika STIE Sakti Alam Kerinci. Tak mau ketinggalan, selain mahasiswa dan peserta yudisium, keluarga mahasiswa yang hadir juga tampak antusias berswafoto bersama Wali Kota dengan jargon Kota Jambi Bangkit dan Kota Jambi Terkini itu.

Disela kegiatannya memberikan orasi ilmiah di STIE Sakti Alam Kerinci, Wali Kota Fasha yang juga menjabat sebagai Ketua DPP IARMI (Ikatan Alumni Resimen Mahasiswa Indonesia) Provinsi Jambi, turut pula menghadiri undangan silaturrahmi bersama jajaran pengurus IARMI serta Menwa Aktif yang ada di Bumi Sakti Alam Kerinci.

Silaturrahmi yang dikemas dalam acara jamuan makan bersama tersebut merupakan ajang bertukar pikiran dan pemberian wejangan senior terhadap junior dan jajaran IARMI yang ada di berbagai pelosok wilayah di Jambi.

Tidak hanya dua kegiatan tersebut, Wali Kota Fasha dalam kunjungannya ke wilayah paling barat di Provinsi Jambi itu, juga sempat menghadiri undangan Kenduri Kampung yang diselenggarakan oleh salah satu tokoh masyarakat Semurup, Kerinci.

Kedatangan Wali Kota Fasha disambut dengan prosesi adat pencak silat dan sajian persembahan masyarakat adat Kerinci dari tokoh masyarakat setempat.

Masyarakat Bumi Sakti Alam Kerinci yang menghadiri kenduri tersebut tampak antusias menyambut kedatangan orang nomor satu di Kota Jambi tersebut. Bagi mereka, Fasha memang sudah tidak asing lagi. Menurut mereka, sosok Fasha yang pernah bermukim di kabupaten Kerinci pada tahun 1991 itu, juga mempunyai peran dalam pembangunan Kerinci saat dirinya bertugas sebagai konsultan proyek-proyek pemerintah diwilayah tersebut. Sebagian diantara mereka juga tampak penasaran dengan berbagai prestasi dan kisah suksesnya Syarif Fasha yang kini mengawaki Kota Jambi dengan segudang prestasi dan pesatnya pembangunan di ibukota Provinsi itu.

Kunjungannya di lokasi tersebut, yang bersamaan dengan awal bulan Muharram, juga dimanfaatkan Fasha dengan turut pula memberikan santunan kepada 100 anak yatim, yang merupakan tuntunan Rasulullah SAW yang sangat utama di bulan Muharram. Selain itu, Ia juga berkesempatan memberikan bantuan pembangunan sarana olahraga, lapangan sepak bola bagi warga setempat.

Dalam sambutannya pada acara Kenduri Kampung itu, Fasha, mengungkapkan rasa terimakasihnya atas sambutan yang luar biasa, yang telah diberikan oleh masyarakat Kerinci dan Sungai Penuh kepada dirinya.

Dirinyapun berharap, kehadirannya di Kerinci selain untuk berbagi ilmu kepada generasi muda, juga dapat memberi manfaat besar lainnya kepada masyarakat Kabupaten Kerinci dan Kota Sungai Penuh secara luas. Dalam sambutan itu, Fasha juga tampak sangat familiar dan paham betul, memaparkan potensi wilayah paling barat di Provinsi Jambi itu.

"Dalam setiap event nasional maupun internasional, saya tidak pernah sekalipun alpa untuk mengenalkan Kerinci. Kami sangat berkepentingan, karena Kota Jambi adalah pintu gerbang masuknya wisatawan. Kami selalu bilang ada sekepal tanah yang jatuh dari syurga, dan itu ada di Jambi, di Kerinci. Disana ada paket wisata lengkap dalam satu wilayah, ada gunung tertinggi di Sumatera dan nomor 2 tertinggi di Indonesia, belum lagi ada danau yang terletak diatas gunung, ada pula di bawah gunung, ada air panas, air terjun yang sangat tinggi, ada perkebunan teh, kopi dan kayu manis," ujar Fasha.

Kata Fasha, tanah Kerinci diberi kelebihan yang luar biasa,
namun dihadapkan pada prasarana yang minim. Hal tersebut dapat dimaklumi karena dana APBD sangat kecil, sehingga kepala daerah tidak dapat bekerja maksimal.

"Harus ada campur tangan dari Pemprov dan Pemerintah Pusat untuk bangun sarana dan prasarana, berbagai fasilitas harus ditingkatkan, serta mengundang investasi masuk ke Kerinci," ujar Wali Kota Jambi yang saat ini gencar membangun kawasan wisata Danau Sipin.

Selain itu, Fasha juga sempat menyinggung potensi lainnya di Bumi Sepucuk Jambi Sembilan Lurah, seperti wisata alam Geopark di Kabupaten Merangin, Taman Nasional Berbak di Kabupaten Tanjung Jabung Timur, serta Candi Muaro Jambi di Kabupaten Muaro Jambi.

Rangkaian kunjungan Wali Kota Jambi Syarif Fasha di Kerinci juga melahirkan harapan dari masyarakat setempat. Dalam silaturrahmi Kenduri Kampung itu, salah seorang warga sempat menyampaikan harapannya. Ia berharap, keberhasilan dan berbagai prestasi gemilang Wali Kota Fasha dalam membangun Kota Jambi, dapat pula ditularkan kedaerahnya.

"Sebagai warga Kerinci, kami berharap Bapak Wali Kota Jambi bisa berbuat lebih banyak dari saat ini untuk membantu mengangkat Kerinci agar lebih terkenal dan maju kedepannya," harap salah seorang warga.

Menanggapi hal tersebut, Wali Kota Fasha pun buka suara. Dirinya berterima kasih atas banyaknya harapan masyarakat agar dirinya naik level dan dapat berbuat lebih dimasa yang akan datang bagi daerah Jambi.

"Sampai saat ini saya belum menyatakan secara langsung bahwa saya akan maju ikut perhelatan pemilihan Gubernur, karena saat ini saya masih menjadi Wali Kota Jambi. Kalaupun ada yang menyampaikan atau mengusulkan saya untuk ikut di 2020, yang pertama, saya secara pribadi mengucapkan terima kasih kepada komunitas-komunitas yang sudah mempercayakan saya untuk diusulkan diusung menjadi salah satu calon Gubernur. Mungkin nanti mengalir saja. Tetapi kunjungan saya ke sini semata-mata karena dunia pendidikan, kecintaan saya terhadap dunia pendidikan dan saya ingin berbagi ilmu dan pengalaman kepada adik-adik mahasiswa. Bagaimana mereka menatap masa depan," pungkas Fasha.(*/sm)









loading...