Mulai Bergerilya Cari Dukungan, Cagub Mulai Garap Basis Lawan



Selasa, 09 Juli 2019 - 07:42:35 WIB



M Farisi
M Farisi

JAMBERITA.COM - Para bakal calon yang bakalan ikut bertarung pada Pilgub Jambi 2020 mendatang mulai bergerak ke daerah para bakal calon lain untuk menarik massa dan memperkenalkan kepada masyarakat.

Misalnya saja Bupati Sarolangun, Cek Endra. Pria yang akrab disapa CE ini sudah mulai bergerilya di Kota Jambi dengan program yang sama dilakukan di Sarolangun, yaitu Subuh Keliling.

Selain CE sendiri, Walikota Jambi, Sy Fasha juga melakukan hal yang serupa. Walikota dua periode ini juga beberapa kali mengisi acara di Kerinci seperti menjadi Narasumber di salah satu kampus.

Melihat hal itu, Pengamat Politik, Mochammad Farisi, mengatakan, untuk Pilgub jangan lupa bahwa para calon harus memiliki keterkenalan di 11 kabupaten/kota. Dari hasil survei yang dirilis kemarin juga menyimpulkan baru Hasan Basri Agus (HBA) saja yang memiliki keterkenalan merata di 11 kabupaten/kota. "Sedangkan para calon lain hanya terkenal di daerahnya dan beberapa daerah yang berdekatan," katanya kepada Jamberita.com ketika dikonfirmasi, Senin (8/7/2019).

Ia mengatakan, dengan adanya hal seperti itu, masuk ke basis orang lain adalah hal yang wajib dilakukan untuk melakukan sosialisasi. Hal itu juga sudah harus dilakukan dari sekarang dengan berbagai macam teknik yang dirasa efektif. "Turun langsung ke masyarakat dan penyampaian lewat media massa menjadi hal yang paling efektif untuk masuk ke basis massa yang lain," ujarnya.

Diluar itu juga, program yang menjadi kesuksesan tersebut juga bisa dibawa dan diadopsi menjadi program dan juga bahan kampanye untuk disampaikan ke masyarakat yang ada di daerah lain. "Hal itu juga bisa menggerus basis massa di daerah yang menjadi basis massa orang lain," jelasnya.

"Karena masyarakat bisa kembali menilai para calon yang lain diluar yang ada didaerah tersebut, apalagi jika dapat menggaet tokoh yang ada di daerah yang menjadi basis orang lain. Hal ini juga berlaku untuk seluruh calon lain yang memiliki kekuatan yang sama," tukasnya. (am)












loading...










#DEBAT KANDIDAT PILWAKO #BAKSO TARSYID #SIDANG SUPRIYONO #PLN #DEBAT PILWAKO 1 #ZOLA DIPERIKSA KPK #BATU BARA #VONIS KETOK PALU #ZUMI ZOLA TERSANGKA #SAROLANGUN #MUARO JAMBI #MERANGIN #Miss Indonesia 2019 #Nenek Zumi Zola Meninggal #BUNGO #BERITA JAMBI #BATANGHARI #cawagub fachrori #caleg PBB Jambi mundur #ZUMI ZOLA #LHKPN #KOTA JAMBI #KERINCI #korem 042/gapu #Kemas Faried #Fachrori Rombak Pejabat #danrem 042 Gapu #SUNGAI PENUH #SUAP KETOK PALU #surat suara Jambi #abdul Fattah meninggal #PRABOWO KE JAMBI #Pemberhentian Zumi Zola #TEBO #TANJABTIMUR #TANJABBARAT #TMMD Kerinci #TABLOID INDONESIA BAROKAH #Rocky Gerung #relawan demokrasi #REKI #Edi Purwanto #UIN STS Jambi #Pelecehan seksual #bawaslu provinsi jambi #Debat Pilpres 4 #Pahlawan nasional #Raden Mattaher #Partai Berkarya #KKI WARSI #pohon asuh #Edi Purwanto #iin inawati #Jambi masa lalu #Sejarah jambi #Musri Nauli #angin kencang Bungo #Kantor Pos Bungo Diterjang Angin #Syaihu ke PTUN #Demo UINS STS Jambi #Pelecehan seksual #Penyelundupan Lobster #Lobster Jambi #masa tenang #money politic #BAWASLU KOTA JAMBI #SYARIF FASHA #FACHRORI UMAR #HASIL PILPRES 2019 #HASIL PILEG 2019 #17 April 2019 #Minyak ilegal #Polda Jambi #KPPS Dipecat #PEMILU 2019 #LOGISTIK PEMILU 2019 #KPU PROVINSI JAMBI #Caleg Gerindra Ditangkap di Sungaipenuh #Mualaf Center Indonesia #kotak suara rusak #Hasil Pileg Tanjabbar #KPPS Meninggal Dunia #Pembakaran Kotak Suara #Prediksi Kursi di Provinsi Jambi #Pleno Rekapitulasi Suara #Harga Bawang putih #PLENO KPU PROVINSI JAMBI #Sutan Adil Hendra #SIDANG PELANGGARAN BAWASLU #Ketua DPRD Kota Jambi #Kemendagri #Samsat Jambi #Ratu Munawarrah #PIlgub Jambi #Anggota DPRD pindah parpol #DPRD Sungai Penuh #aksi Mahasiswa Jambi #GUGATAN PARPOL DI MK #Polda Jambi