Aliansi Pemuda Peduli Sarolangun Desak Gubernur Jambi Tidak Tandatangani SK Pemberhentian Syaihu CS



Minggu, 12 Mei 2019 - 20:13:14 WIB



Ismet
Ismet

JAMBERITA.COM- Kasus caleg pindah parpol namun tidak mundur dari partainya sepertinya bakal terus menuai kontraversi. Ini karena ada empat caleg yang sebelumnya mengajukan gugatan di PTUN terpilih karena meraih suara terbanyak.

Namun keempat nama ini terancam tak bisa diusulkan untuk dilantik sebagai anggota DPRD Sarolangun periode 2019-2024, dengan alasan pindah partai namu tidak mengundurkan diri dari anggota dewan Sarolangun. Empat caleg tersebut di antaranya, M Syaihu (Demokrat), Cik marleni (Golkar), Aang Purnama (Demokrat) dan A Zakir Azmi (Golkar).

Sesuai PKPU No 5 tahun 2019 tentang penetapan calon terpilih, penetapan perolehan kursi dan penetapan calon terpilih dalam pemilihan umum. Dimana calon terpilih yang masih aktif menjadi anggota DPRD padahal dia mencalonkan diri dengan pindah partai, maka tidak dapat diusulkan menjadi calon terpilih. 

Menurut informasi, keempat Caleg terpilih itu kini tengah mengajukan surat pemberhentian diri kepada gubernur Jambi. Padahal surat tersebut sudah diterbitkan oleh gubernur, tetapi digugat ke  ke PTUN Jambi,  dan SK tersebut kemudian dicabut. Syaihu Cs kembali duduk sebagai anggota dewan hingga sekarang.

Ketua Aliansi Pemuda Peduli Sarolangun, Ismet Isnaini SH,  meminta kepada Gubernur Jambi untuk tidak menandatangani SK pemberhentian sebagai anggota Sarolangun yang diajukan oleh Syaihu Cs, untuk menghindari blunder dalam penegakan hukum. 

"Karena seharusnya surat permohonan pengunduran diri tersebut diajukan sebelum penetapan DCT pada pemilu 2019.  Jika hal ini dilakukan maka kami Aliansi Pemuda Peduli Sarolangun akan melakukan perlawanan demi terciptanya kedaulatan dan penegakan hukum," katanya.

Dia menilai Syaihu Cc yang terpilih pada pemilu 2019 tidak berhak ditetapkan dan di-SK kan menjadi anggota DPRD Sarolangun. "Karena ini cacat hukum dalam proses tahapan dan pelaksanaan Pimilu," tegasnya.

Bahkan, pihaknya akan melakukan aksi untuk mendesak Gubernur Jambi agar tidak menandatangani SK pemberhentian. "Karena diduga mereka sudah mempermainkan hukum," pungkasnya.

Sebelumnya, Ali Wardana, Komisioner KPU Sarolangun membenarkan hal tersebut. Dijumpai di sela rapat pleno KPU Provinsi Jambi, dia menyampaikan, empat caleg yang terpilih itu bisa ditetapkan sebagai caleg terpilih, namun tak bisa diusulkan untuk dilantik.

"Harus melampirkan SK pemberhentian sebagai anggota DPRD. Jika tidak maka tidak akan bisa diusulkan. Bisa ditetapkan caleg terpilih tapi tak bisa diusulkan," terangnya.

Dia menerangkan, pengusulan caleg terpilih itu diperkirakan akan dilakukan pada Juni mendatang. Sementara registrasi gugatan di MK dilakukan pada 23-25 Mei mendatang.

"Jika masih menjabat tidak bisa diusulkan. Dibuktikan dengan SK pemberhentian," tandasnya(*/sm)

 












loading...










#DEBAT KANDIDAT PILWAKO #BAKSO TARSYID #SIDANG SUPRIYONO #PLN #DEBAT PILWAKO 1 #ZOLA DIPERIKSA KPK #BATU BARA #VONIS KETOK PALU #ZUMI ZOLA TERSANGKA #SAROLANGUN #MUARO JAMBI #MERANGIN #Miss Indonesia 2019 #Nenek Zumi Zola Meninggal #BUNGO #BERITA JAMBI #BATANGHARI #cawagub fachrori #caleg PBB Jambi mundur #ZUMI ZOLA #LHKPN #KOTA JAMBI #KERINCI #korem 042/gapu #Kemas Faried #Fachrori Rombak Pejabat #danrem 042 Gapu #SUNGAI PENUH #SUAP KETOK PALU #surat suara Jambi #abdul Fattah meninggal #PRABOWO KE JAMBI #Pemberhentian Zumi Zola #TEBO #TANJABTIMUR #TANJABBARAT #TMMD Kerinci #TABLOID INDONESIA BAROKAH #Rocky Gerung #relawan demokrasi #REKI #Edi Purwanto #UIN STS Jambi #Pelecehan seksual #bawaslu provinsi jambi #Debat Pilpres 4 #Pahlawan nasional #Raden Mattaher #Partai Berkarya #KKI WARSI #pohon asuh #Edi Purwanto #iin inawati #Jambi masa lalu #Sejarah jambi #Musri Nauli #angin kencang Bungo #Kantor Pos Bungo Diterjang Angin #Syaihu ke PTUN #Demo UINS STS Jambi #Pelecehan seksual #Penyelundupan Lobster #Lobster Jambi #masa tenang #money politic #BAWASLU KOTA JAMBI #SYARIF FASHA #FACHRORI UMAR #HASIL PILPRES 2019 #HASIL PILEG 2019 #17 April 2019 #Minyak ilegal #Polda Jambi #KPPS Dipecat #PEMILU 2019 #LOGISTIK PEMILU 2019 #KPU PROVINSI JAMBI #Caleg Gerindra Ditangkap di Sungaipenuh #Mualaf Center Indonesia #kotak suara rusak #Hasil Pileg Tanjabbar #KPPS Meninggal Dunia #Pembakaran Kotak Suara #Prediksi Kursi di Provinsi Jambi #Pleno Rekapitulasi Suara #Harga Bawang putih #PLENO KPU PROVINSI JAMBI #Sutan Adil Hendra #SIDANG PELANGGARAN BAWASLU #Ketua DPRD Kota Jambi #Kemendagri #Samsat Jambi #Ratu Munawarrah #PIlgub Jambi #Anggota DPRD pindah parpol #DPRD Sungai Penuh #aksi Mahasiswa Jambi #GUGATAN PARPOL DI MK #Polda Jambi