Penyelundupan 69 Ribu Baby Lobster di Tanjabbar Capai Rp10 Miliar



Jumat, 12 April 2019 - 07:42:03 WIB



JAMBERITA.COM – Sebelas box Baby Lobster yang berhasil diamankan bersama para pelaku terduga penyelundupan, inisial M (49) dan H (57) oleh jajaran Satreskrim Polres Tanjab Barat, dipastikan berisi sebanyak 69 ribu ekor Baby Lobster.

Puluhan ribu Baby Lobster tersebut terdiri dari jenis Baby Lobster Pasir sebanyak 68.200 ekor dan Baby Lobster Mutiara 1.105 ekor.

"Total nilai rupiahnya ditaksir mencapai Rp 10 Miliar," terang Kapolres Tanjab Barat, AKBP ADG Sinaga, Kamis (11/4/2019).

Kasatreskrim Polres Tanjab Barat, Iptu Dian Purnomo, didampingi Kapolsek KPM Kualatungkal, Iptu Agung Heru menuturkan, kronologis penangkapan terduga pelaku penyelundupan satwa laut itu
itu berawal dari informasi dari masyarakat dan penelusuran anggota di lapangan, akhirnya pada Rabu (10/4/) tim gabungan berhasil mengamankan barang bukti Baby Lobster saat melintas di Jalan seputaran Teluk Nilau Kabupaten Tanjung Jabung Barat menggunakan Mobil Kijang Inova yang di dalamnya disembunyikan 11 box besar berisi Baby Lobster.

Dari pengakuan para pelaku penyelundupan kesemua Baby Lobster akan dilansir di Perairan Tanjab Barat menggunakan pompong dan dijemput dengan menggunakan speedbout yang sudah standby di lokasi, dan selanjutnya Baby Lobster tersebut diberangkan ke Singapura.

Atas perbuatannya pelaku penyelundupan satwa laut itu akan dijerat dengan Undang Undang nomor 31 tahun 2004 tentang perikanan pasal 88 junto pasal 16 ayat 1 dengan ancaman hukuman 6 tahun.

Sementara Baby Lobster hasil tangkapan tersebut selanjutnya akan dibawa ke Pangandaran untuk dilepas liarkan oleh Balai Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan Kementrian Kelautan dan Perikanan (BKIPM).

Kasi Wasdalim BKIPM Jambi, Paiman mengucapkan terima kasih atas bantuan jajaran Polres Tanjabbar berhasil menyelamatkan miliaran rupiah kerugian Negara.

"Kalau terus menerus diperjualbelikan tentu akan punah. Sesuai Peraturan Menteri Nomor 56 bahwa ada larangan penangkapan benih lobster, kepiting rajungan yang harus kita patuhi, " kata Paiman.

"Hari ini Beby Lobster ini kita bawa dan nanti dilepas liarkan di Pantai Pangandaran, Jawa Barat. Karena di sana ada konservasi alam laut. Insyaallah akan terjaga benih ini sampai besar nantinya,” tandasnya. (Henky)












loading...