Pemkab Batanghari Gelar Rapat Koordinasi Rembuk Stunting



Selasa, 23 April 2024 - 09:36:39 WIB



JAMBERITA.COM- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Batanghari menggelar Rembuk Stunting di Ruang Pola Kantor Bupati Batanghari pada Selasa, (23/4/2024).

Kegiatan tersebut dilakukan sebagai langkah dan strategi yang tepat yang dilakukan oleh Pemkab dalam menangani permasalahan dan percepatan penurunan angka stunting di Kabupaten Batanghari. Pemkab Batanghari melalui Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPKBP3A) Kabupaten Batanghari ditugaskan melaksanakan kegiatan ini.

Asisten I Setda Kabupaten Batanghari, Muhammad Rifai dalam sambutannya sekaligus membuka acara mengatakan tahun 2024 ini merupakan tahun ketiga Kabupaten Batanghari menjadi lokus percepatan penurunan stunting.

"Kami mengapresiasi kegiatan ini, semoga dengan adanya kegiatan ini dapat mencegah dan menurunkan stunting di Kabupaten Batanghari dan program yang dirancang dapat mencapai target penurunan stunting di Kabupaten Batanghari tahun 2024 yang sudah ditetapkan," katanya.

Kata Rifai, kegiatan rembuk Stunting ini sebelumnya telah dilaksanakan dari tahapan desa hingga tingkat Kabupaten. Ia meminta kepada agar para ketua Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) dan seluruh pemangku kepentingan dan sektor untuk dapat berkomitmen menekan angka stunting di Kabupaten Batanghari.

"Pertama langkah strategis baik intervensi strategis maupun spesifik internfensi harus dilakukan determinan berdasarkan data," ucapnya.

Selain itu, ia juga meminta agar segera melakukan gebyar penimbangan balita sebagai bagian dari pelaksanaan penanganan stunting dan basis data penanganan stunting. Kemudian mengoptimalkan peran desa baik secara penganggaran maupun monitoring terhadap dana desa spesifik untuk percepatan penurunan stunting di di Kabupaten Batanghari.

"Sinergitas, baik itu program dokter tangguh, penyuluh tangguh, rumah bunda dalam pencegahan dan penurunan stunting di Kabupaten Batanghari," ungkapnya.

Dirinya berharap dengan seluruh program dan langkah yang dilakukan oleh pemerintah Kabupaten Batanghari dibantu oleh seluruh sektor dapat menurunkan angka stunting di Kabupaten Batanghari pada tahun 2024 ini. (*)





Artikel Rekomendasi