PAW Tak Disebut Dalam Pengumuman 3 Besar Bawaslu



Minggu, 18 September 2022 - 19:21:36 WIB



JAMBERITA.COM - Bawaslu RI sudah merilis 3 nama Pimpinan Bawaslu Provinsi Jambi periode 2022-2027. Dalam pengumuman itu, Rofiqoh Febrianti, Ari Juniarman, dan Muhammad Hapis terpilih untuk menjalankan tugas mengawasi pemilu bersama dengan Wein Arifin dan Fahrul Rozi yang akhir masa jabatannya tahun depan.

Menariknya dalam pengumuman yang keluar kemarin malam, tidak ada nama calon Pergantian Antar Waktu (PAW). Padahal biasanya, calon yang tidak terpilih akan tetap diumumkan didalam pengumuman sebagai PAW.

Mereka bertiga adalah Ketua Bawaslu Batang Hari Indra Tritusian, Ketua KI Provinsi Jambi Indra Lesmana, dan Ketua KPU Kota Jambi Yatno.

Berdasarkan pengamatan dan pengalaman, Bawaslu RI selama ini tidak memilih PAW berdasarkan nomor urut seperti yang dilakukan oleh KPU. Beberapa PAW Bawaslu yang sudah terjadi seperti Bawaslu Kerinci hingga Bawaslu Provinsi Jambi semuanya dilakukan klarifikasi oleh Bawaslu RI kepada semua calon PAW.

Nantinya baru akan diputuskan di pleno Bawaslu RI berdasarkan klarifikasi siapa yang layak dan masih memenuhi syarat untuk mengisi posisi tersebut.(am)





Artikel Rekomendasi