Ketua FKPT Jambi Isi Moderasi Beragama di MAN Cendikia, Prof Asad: Cegah Intoleransi di Sekolah



Jumat, 05 Agustus 2022 - 14:22:25 WIB



JAMBERITA.COM- Ketua Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Jambi Prof Dr Asad Isma memberikan Bimbingan Teknis ke majelis guru dan siswa- siswa MAN Cendikia terkait dengan Moderasi Beragama pada Jumat (5/8/2022).

Dalam materinya, Asad menekankan pentingnya Moderasi Beragama dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara. Ini penting untuk menjaga persatuan dan kesatuan di tengah keberagaman bangsa.

"Ini dengan menghindari sikap intoleransi, menghindarkan perilaku atau pengungkapan yang ekstrem (radikalisme) dan selalu mencari jalan tengah yang menyatukan dan membersamakan semua elemen dalam kehidupan bermasyarakat, bernegara, dan berbangsa Indonesia," kata Asad.

Sikap moderat dan moderasi adalah suatu sikap dewasa yang diperlukan. Radikalisasi dan radikalisme, kekerasan dan kejahatan, termasuk ujaran kebencian/caci maki dan hoaks, terutama atas nama agama, dapat memecah belah dan merusak persatuan dan kesatuan.

Apalagi MAN Cendikia selaku lembaga pendidikan yang mendidik siswa terpilih. Ini karena 10-15 tahun yang akan datang merekalah yang berada di berbagai profesi, cikal bakal pemimpin bangsa di bidangnya masing- masing.

"Cegah intoleransi di sekolah kita berharap figur yang dikeluarkan dari MAN Cendikia bisa menjadi muslim yang moderat, berada di tengah tengah, toleran, menghargai keberagaman bangsa," katanya.(sm)





Artikel Rekomendasi