Ketua Netfid Indonesia Beri Saran Untuk Bawaslu Soal Daftar Pemilih



Minggu, 26 Juni 2022 - 18:20:05 WIB



JAMBERITA.COM - Network for Indonesian Democratic Society (Netfid) Indonesia memberikan saran kepada Bawaslu dalam pengawasan terhadap daftar pemilih. Seperti yang diketahui, daftar pemilih ini menjadi masalah berulang untuk konstelasi politik baik pemilu maupun pilkada.

Ketua Netfid Indonesia Dahlia Umar menyarankan agar Bawaslu memantau pola pengolahan daftar pemilih yang dilakukan oleh KPU. Jangan hanya melihat dari hasil yang didapat oleh KPU dalam menentukan daftar pemilih.

"KPU memiliki wewenang itu. Makanya Bawaslu disarankan untuk identifikasi pelanggaran lewat metode yang dilakukan oleh jajaran KPU saat mendata pemilih," katanya dalam diskusi yang dibuat oleh Bawaslu Provinsi Jambi, Jumat (24/6/2022) lalu.

Dengan mengidentifikasi hal tersebut, kerja KPU akan bisa semakin bersih dalam mendata pemilih. Bahkan, data-data yang sebelumnya selalu bermasalah bisa diatasi.

"KPU punya cara sendiri. Bawaslu pada posisinya memastikan yang dilakukan sesuai dan tidak menghilangkan hak pilih masyarakat," tandasnya. (am)





Artikel Rekomendasi