Sidang Etik Anggota Bawaslu Kerinci, Ini Dalil Pengadu dan Bantahan Teradu



Selasa, 18 Januari 2022 - 20:21:09 WIB



JAMBERITA.COM - DKPP RI melaksanakan sidang etik yang dilaporkan oleh Rudi Hartono terhadap Anggota Bawaslu Kerinci M Taufik Harun, Selasa (18/1/2022). Setidaknya dalam dalil pengadu, ada 6 poin yang disampaikan.

Rudi Hartono dalam hal itu menyebutkan bahwa teradu tergabung dalam tim pemenangan Pilbup Kerinci tahun 2018 untuk Paslon Zainal Abidin - Arsal Apri. Selain itu, membuat dokumen dan pernyataan palsu terkait tidak terlibat dalam partai politik maupun politik praktis.

Teradu juga membuat ucapan saat pemekaran yang seyogya nya diketahui bahwa Gubernur Fachrori Umar saat ini adalah sebagai bakal calon Gubernur. Intervensi terhadap penentuan Ketua Panwaslu Kecamatan, serta pada PSU Pilgub Jambi menerima uang sebesar 50 Juta dari Paslon Cek Endra - Ratu Munawarah serta 200 amplop berisi uang untuk disebarkan.

"Semua dalil sudah kami lampirkan bukti rekaman percakapan, foto, serta video yang sudah diserahkan kepada majelis," kata Rudi.

Sementara itu, M Taufik Harun dalam jawabannya membantah bahwa dirinya terlibat dalam tim pemenangan. Untuk spanduk, dirinya membenarkan. Hanya saja itu diminta oleh Kepala Desa sebagai bentuk apresiasi pemekaran kecamatan.

"Semua dalil yang disampaikan pengadu kami bantah dengan keras. Kami tidak pernah terlibat ataupun ikut dalam hal tersebut. Mengenai uang yang diterima itu adalah tuduhan tidak berdasar yang ditujukan kepada kami," ujarnya. (am)



Artikel Rekomendasi