Tausyiah Jum'at, SAH: Sehari Pemimpin Adil Lebih Baik Dari Ibadah 60 Tahun



Jumat, 07 Januari 2022 - 08:17:35 WIB



JAMBERITA.COM-  Kegiatan tausiyah Kamis Malam Jumat (6/1/21) terus dilakukan Ketua DPD Partai Gerindra Provinsi Jambi Dr. Ir. H. A.R. Sutan Adil Hendra, MM dimanapun anggota DPR RI itu berada. Kali ini ditengah suasana liburan akhir tahun sekalian untuk nyekar ziarah kubur ke Madina Sumatera Utara, SAH dan keluarga menyempatkan melakukan pengajian bersama keluarga dan handai taulan.

Dalam tausiyahnya, bapak beasiswa Jambi ini mengingatkan bahwa Allah SWT sangat membenci siapapun yang melakukan kezaliman--besar maupun kecil. Pesan ini hendaknya menjadi bahan perenungan tiap pemimpin. Sebab, mereka mempunyai lebih banyak peluang dan kekuatan untuk melakukan kezaliman. Oleh karena pentingnya pemimpin yang adil, Nabi Muhammad SAW pernah berpesan, 

"Sehari seorang pemimpin yang adil lebih utama daripada beribadah 60 tahun, dan satu hukum ditegakkan di bumi akan dijumpainya lebih bersih daripada hujan 40 hari" (HR Thabrani, Bukhari, Muslim, dan Imam Ishaq), ungkapnya.

Karena menurut SAH seorang pemimpin yang berani menegakkan keadilan akan lebih membersihkan bumi dibandingkan dengan hujan selama empat puluh hari. Mengapa demikian? Karena, keadilan akan membersihkan segala bentuk kejahatan, kecurangan yang dilakukan manusia zalim -- kendati pun ia seorang Muslim.

SAH lalu mengutip hadist Nabi yang mengatakan , "Orang-orang yang berbuat adil, nanti pada hari kiamat akan berada di atas mimbar cahaya di sisi Allah ... yaitu mereka yang berbuat adil dalam hukum mereka, dalam keluarga mereka, dan terhadap apa-apa yang mereka urus" (HR Ahmad, Muslim, dan Nasa'i).

" Semestinya seluruh elemen bangsa, baik rakyat maupun pemimpin, berjuang keras mewujudkan keadilan. Sebab, hanya dengan keadilan kita akan hidup layak sebagai manusia yang merdeka dan berdaulat atas izin Allah di bumi-Nya dan diridhai Allah SWT. " 

"Dan berlaku adilah, karena keadilan lebih dekat dengan takwa" [QS Al Maidah (5):8].(*/sm)





Artikel Rekomendasi