Dirreskrimsus Warning Kadis di Lingkup Pemprov Jambi Soal Dana PEN



Kamis, 08 April 2021 - 16:33:29 WIB



Dirreskrimsus Polda Jambi Kombes Pol Sigit Dany Setiyono (tengah).
Dirreskrimsus Polda Jambi Kombes Pol Sigit Dany Setiyono (tengah).

JAMBERITA.COM - Direktur Reserse Kriminal Khusus (Dirreskrimsus) Polda Jambi Kombes Pol Sigit Dany Setiyono sekaligus penanggung jawab program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) mengingatkan Kepala Dinas (Kadis) terkait dalam pelaksanaan.

"Kepada Kepala Dinas dan instansi terkait lainnya, yang melaksanakan program, laksanakan dengan baik dan benar, tepat sasaran dan akuntabel," papar Sigit saat di Inspektorat Provinsi Jambi, Kamis (8/4/2021).

Sigit menekankan agar para pelaksana dapat menghindari penyimpangan dalam pelaksanaan program dengan tata kelola yang baik serta melakukan koordinasi dan sinergitas dengan pengawas."Baik Satgas PEN, Polri, APIP, inspektorat serta BPKP, hindari pelanggaran yang tidak berdampak pada terjadinya tindak pidana korupsi," jelasnya.

Plt Inspektur Provinsi Jambi Ferdiansyah mengatakan, mudah-mudahan dengan adanya sosialisasi dan juga deklarasi rekan-rekan dari OPD selaku pelaksana program PEN dapat berkomitmen untuk dapat melaksanakan dengan benar tepat sasaran dan akuntabel.

"Intinya sosialisasi dan deklarasi yang dilaksanakan hari ini yaitu untuk menyamakan persepsi, menyatukan semangat kita bahwa program PEN ini dapat dilaksanakan dengan benar," jelasnya.

Kepala BPKP perwakilan Provinsi Jambi, Hermaji mengatakan pada tahun 2020 kemarin program PEN berjalan dengan baik. Terkait dengan pengawasan, BPKP mengawasi mulai dari tahap perencanaan sampai dengan pertanggungjawaban. 

Terkait PEN ini, BPKP tetap berkomitmen sesuai dengan tupoksi nya yaotu siap melaksanakan pengawasan sesuai dengan tanggung jawab. 

"Kita bisa dalam sisi consulting, dalam hal ini kegiatan PEN ini, para OPD yang melaksanakan kegiatan tersebut sering agak gamang terhadap eksekusi anggaran mereka sehingga kami siap untuk mendampingi dan menjaga akuntabilitas sehingga dapat berjalan dengan baik dan terlaksana," ujarnya.

Setelah mendengarkan paparan-paparan terkait program PEN, Satgas bersama pihak terkait termasuk beberapa Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dilingkungan Pemerintah Provinsi Jambi melakukan penandatanganan pakta integritas serta menggelar deklarasi secara bersama-sama. 

Adapun isi daripada pakta integritas tersebut, mengingat sumpah jabatan menegaskan kembali komitmen selaku pelaksana program pemulihan ekonomi nasional di provinsi Jambi. 

Pelaksana siap, melaksanakan program PEN dengan baik dan benar, tepat sasaran dan akuntabel serta mendukung penuh terhadap upaya mengembalikan pertumbuhan ekonomi RI.

Melakukan tata kelola yang baik dalam pelaksanaan program PEN untuk menghindari terjadinya penyimpangan dalam pelaksanaan. 

Meningkatkan sinergitas dan koordinasi dengan Satgas PEN, Polda Jambi, APIP inspektorat, BPKP yang melaksanakan peran pendampingan dan pengawasan pelaksanaan program PEN di provinsi Jambi.

Mereka juga menyatakan akan ikut serta dalam upaya mencegah Korupsi Kolusi dan Nepotisme (KKN) serta tidak melakukan perbuatan tercela, tidak meminta atau menerima suap gratifikasi atau bentuk lainnya baik secara langsung ataupun tidak langsung terkait dengan jabatan dan pekerjaan yang bertentangan dengan peraturan perundang-undangan.

Akan bersikap jujur transparan dan akuntabel dalam menjalankan tugas, menghindari pertentangan kepentingan dalam pelaksanaan tugas, memberikan contoh kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan kepada dalam pelaksanaan kinerja.

Pelaksana program juga siap menyampaikan penyimpangan integritas yang terjadi pada pelaksanaan program PEN di Provinsi Jambi, apabila melanggar maka akan menerima konsekuensi hukum sesuai ketentuan perundang-undangan.(afm)









loading...