Razia PETI Gagal Tangkap Pelaku, Diduga Informasi Bocor



Kamis, 07 Januari 2021 - 07:22:31 WIB



ilustrasi PETI
ilustrasi PETI

JAMBERITA.COM - Tim gabungan Polda Jambi dan Polres Bungo gagal mengamankan pelaku dan barang bukti ekskavator aktivitas Penambangan Emas Tanpa Izin (PETI), yang ada diwilayah Kabupaten Bungo.

Hal ini disampaikan salah satu warga Kabupaten Bungo, yang mengatakan diduga Bocor, dan sudah tercium oleh pelaku PETI, pada saat Tim Gabungan melakukan penindakan atau Razia Penambangan Emas Tanpa Izin (PETI) di salah satu lokasi, di Kecamatan Pelepat Kabupaten Bungo.

"Saya duga ini sudah bocor. Sudah dikasih tahu oleh oknum yang pemback up PETI," ujar salah satu warga, yang menolak keberadaan PETI, Rabu (06/01/2021).

Meski begitu, razia PETI yang dilakukan selama dua hari, petugas gabungan hanya menemukan titik lokasi atau bekas kegiatan Penambangan Emas Tanpa Izin (PETI).

"Meskipun sudah diketahui oleh para pelaku PETI razia yang dilaksanakan, namun lokasi sudah di ketahui," ujarnya.

Lebih lanjut, dirinya mengapresiasi kinerja Pihak Polda dan Polres Bungo, yang telah merespon dengan cepat atas laporan dan informasi dari masyarakat Kabupaten Bungo.

"Saya pribadi, sangat mengapresiasi atas kinerja Polri, yang telah merespon atas keluhan masyarakat," jelasnya.

Sebelumnya, Kapolda Jambi Irjen Pol A Rachmad Wibowo menggelar Rapat Analisa dan evaluasi (Anev) terkait penanganan Illegal Minning, Drilling dan Logging termasuk PETI di Polres Wilayah Barat Provinis Jambi

Kabid Humas Polda Jambi, Kombes Pol Kuswahyudi Tresnadi mengatakan anev ini untuk melihat langkah dan tindakan apa yang telah dilaksanakan Polres terkait PETI, Illegal Logging dan Illegal drilling dimasing-masing wilayah.

"Ini merupakan program prioritas pak Kapolda dalam memberantas peti, minerba dan logging di Jambi," jelasnya, Kamis (6/1/2021).

Rapat dilaksanakan di Aula Polres Merangin dihadiri Dirreskrimum Polda Jambi, Kombes Pol Yudha Setyabudi, Dirintelkam, Kombes Pol Bondan Wijatksono, Kombes Pol Nadi.

Kombes Mulia Priyanto, Kombes Pol Kaswandi, Kapolres Merangin, AKBP Irwan Andy P, Kapolres Tebo, AKBP Gunawan, Kapolres Bungo, AKBP Lutfi, Kapolres Sarolangun, AKBP Sugeng dan Kapolres Kerinci, AKBP Agung Nugroho.(*/afm)











loading...