Belasan Cakada Jalani Swab di RSUD Raden Mattaher, Beredar Info Ada yang Swab di Rumah, Bolehkah?



Selasa, 01 September 2020 - 14:36:57 WIB



JAMBERITA.COM – Belasan kandidat sudah hadir untuk diambil sampelnya oleh pihak rumah sakit. Hanya saja, beredar kabar salah satu kandidat sampelnya tidak diambil di rumah sakit. Tapi di rumah. Padahal sebelumnya disebut jika swab dipusatkan di RSUD Raden Mattaher.

Berdasarkan pantauan, kandidat cagub yang terlihat hadir di RSUD, ada Al Haris-Abdullah Sani dan Cek Endra-Ratu Munawaroh. Tidak terlihat Fachrori Umar dan Syafril. Dalam absen yang kami lihat siang ini juga tidak ada mengisi daftar hadir. Apalagi info yang beredar FU jalani uji swab di kediamannya.

Selain itu juga ada sejumlah kandidat cakada dari sejumlah kabupaten hadir langsung. Seperti Yos Adrino, Anwar sadat, Hairan.

Direktur Rumah sakit Umum Raden Mattaher, Dr Ferry awalnya mengatakan Fachrori belum melakukan uji swab. Namun ia meralatnya jika petahana ini menjalani uji swab pagi hari. Tapi kemungkinan lupa absen dan dirinya saat itu belum ada di rumah sakit.

Komisioner KPU Provinsi Jambi Apnizal mengatakan, mengenai pelaksanaan uji swab yang dilakukan hari ini, pihaknya hanya sebatas melakukan koordinasi dengan rumah sakit. Semua teknis itu, pihaknya serahkan semua kepada rumah sakit.

"Yang kami butuh itu hanya hasil akhir. Terhadap bagaimana prosesnya itu semua teknis dari rumah sakit untuk dapatkan sampel uji swab," katanya ketika dikonfirmasi Jamberita.com, Senjn (1/9/2020).

Ia mengatakan, yang jelas hal seperti ini tidak ada diatur didalam PKPU. Pihaknya sendiri hanya fokus kepada hasil akhir yang didapat dari uji swab.

Sementara itu, Ketika dikonfirmasi, Ketua Tim Keluarga Fachrori Umar, Miftahul Ikhlas menyebutkan bahwa pihaknya tidak ikut menemani kandidatnya uji swab. Sehingga tidak mengetahui apakah Fachrori sudah uji swab atau tidak. Termasuk dilakukan di rumah atau di rumah sakit.

"Tidak mantau cik," sebutnya singkat ketika dikonfirmasi via pesan WhatsApp, Senin (1/9/2020).(am)











loading...