Anggunnya Puan Maharani Kenakan Baju Kurung Merah dan Tekuluk Khas Jambi



Senin, 17 Agustus 2020 - 12:08:25 WIB



Puan Maharani
Puan Maharani Istimewa

JAMBERITA.COM-  Salah satu yang tidak berubah pada upacara peringatan HUT RI ke-75 adalah tradisi mengenakan pakaian adat nusantara. Presiden Joko Widodo (Jokowi) tetap mengenakan tradisi memakai pakaian adat meski upacara peringatan HUT RI dilakukan secara terbatas karena adanya pandemi Covid-19.

Presiden Jokowi Kenakan Baju Timor Tengah Selatan. Kain yang dikenakan Jokowi bermotif kaif berantai nunkolo. Motif sudah dimodifikasi dari bentuk belah ketupat (motif geometris) dengan batañg tengah yang berarti sumber air dan bagian pinggir bergerigi melambangkan wilayah yg berbukit dan berkelok-kelok.

BACA: Warga Kota Jambi Hormat Bendera Peringati Detik-detik Proklamasi di Jalan Raya, Kasat Lantas: Saya Terharu

Yang menarik adalah pakaian yang dikenakan oleh Ketua DPR RI Puan Maharani. Putri dari Megawati Soekarno Putri tampil anggun dengan menggunakan baju khas Jambi berwarna merah yang dikenal dengan baju kurung dan tekuluk bai bai menggunakan batik khas Jambi yang senada dengan kainnya.

Adapun aksesorisnya, Puan menggunakan kalung ayam dan koin kuno.

Tekuluk atau  kuluk atau ada juga yang menyebutnya tengkuluk adalah penutup kepala yang digunakan wanita Jambi sejak zaman Kerajaan Melayu dan dikenakan perempuan dalam kegiatan sehari-hari. Model tengkuluk telah berkembang hingga jumlahnya mencapai lebih dari 50 jenis.

Ketua DPRD Provinsi Jambi Edi Purwanto yang juga Ketua DPD PDI Perjuangan provinsi Jambi menyampaikan terimakasih kepada Ibu Puan yang sudah memilih pakaian khas Jambi berupa tekuluk dan batik Jambi pada peringatan HUT RI yang ke 75 di Istana negara. "Ini kebanggaan buat kita Warga Jambi," kata Edi.(sm)





Artikel Rekomendasi