Wujudkan Ekonomi Unggul, Yunninta Siapkan Program Budidaya Durian Musang King Di Batanghari



Senin, 17 Februari 2020 - 07:22:03 WIB



Yunninta Asmara
Yunninta Asmara

JAMBERITA.COM- Visi Batanghari Unggul yang digagas Hj. Yunninta Asmara, SH terus menggagas ide - ide kreatif untuk memacu pertumbuhan ekonomi masyarakat. Salah satu terobosan yang sedang direncanakan Ketua TP PKK Batanghari itu adalah program budidaya durian Musang King.

Dimana menurut Yunninta durian jenis ini merupakan durian varietas terbaik dari di Malaysia dan sudah di eksport ke manca negara.

"Saya pernah ke negara bagian Pahang Malaysia, mampir ke perkebunan durian musang king yang ditanam di lahan desa kalau istilah kita, hasilnya ya ampun desa tersebut makmur dalam arti kata sesungguhnya, saya ingin Batanghari seperti ini, meski tentu perlu banyak belajar, visi Batanghari Unggul akan menjadikan ini sebagai suatu terobosan ekonomi masyarakat di Batanghari,” ungkapnya di Bulian (15/2) kemarin.

Menurut Yunninta di Indonesia sendiri buahnya mulai banyak dijual, sebagian besar impor langsung dari Malaysia dan hanya sedikit sekali yang berasal dari lokal. Saat ini masih sangat sedikit orang yang membudidayakan durian jenis ini, tentu kita akan gunakan kesempatan ini untuk mengedukasi masyarakat menanamnya.

Namun istri Bupati Batanghari Syahirsah ini mengakui tidak mudah untuk mendapatkan bibit durian musangking yang unggul dan sesuai varietas aslinya serta belum banyak petani durian yang mengetahui adanya varietas baru dari luar negeri ini. 

Sehingga Yunninta meyakini ini merupakan peluang bisnis bagi masyarakat yang bergerak di bidang perkebunan, atau yang ingin memulai usaha perkebunan, khususnya kebun durian.

Karena keunggulan dan masih langkanya buah durian ini, harga jualnya relatif mahal. Di berbagai supermarket di Malaysia dan Singapura, durian musang king dibanderol dengan harga Rp 250.000 per buah. Sementara durian lain paling mahal Rp 100.000 per buah. Lalu di Indonesia, harga satu butir jika kita beli di Kalibata Jakarta bisa mencapai 400rb – 500 ribu per buah.

Program budidaya durian musang king di Indonesia menurut wanita penggemar durian ini bukan hal pertama. Di Jawa Tengah dan Jawa Timur, tahun 2012 atau 2013, sudah ada petani yang sudah panen. Namun masih sangat jauh dari kebutuhan pasar. “Ini peluang untuk kita optimalkan, karena ekonomi Unggul itu hanya bisa diraih oleh kita yang optimis, saya yakin akan hal ini, saya semangat akan hal ini,” tandasnya.(*/sm)









loading...