Dihadiri Sekda, Bappeda Gelar Konsultasi Publik Rancangan Awal RKPD 2021



Selasa, 28 Januari 2020 - 14:20:37 WIB



JAMBERITA.COM - Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat Provinsi Jambi melalui Bappeda Tanjab Barat gelar konsultasi publik rancangan awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tanjung Jabung barat tahun 2021 di Aula kantor Bappeda, Selasa (28/1/20).

Kegiatan dihadiri Seketaris (Sekda) Tanjung Jabung Barat Agus Sanusi, Kepala Bappeda Tanjab Barat Drs. Firdaus Khatab, unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda), sejumlah Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Tanjab Barat, pimpinan lembaga, badan dan intansi vertikal,BUMD, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, tokoh budayawan, tokoh agama, akademisi, mahasiswa dan lainnya.

Kepala Bappeda Firdaus Khatab menegaskan RKPD fokus terhadap tahapan percepatan pemerataan infrastruktur dasar dan aksesibilitas antar wilayah dalam rangka percepatan wujudkan desa mandiri pada tahun 2021 mendatang.

"Saya harap ada sinergitas semua pihak,mulai dari pemerintah daerah serta jajaran hingga masyarakat untuk mempercepat proses pembangunan ” ujarnya saat diwawancarai awak media usai acara konsultasi.

Sementara Sekda Kabupaten Tanjung Jabung Barat mengatakan forum konsultasi publik ini dimaksud untuk menjaring aspirasi pemangku kepentingan pada tahap awal dengan tujuan untuk menghimpun aspirasi dan harapan para pemangku kepentingan terhadap prioritas dan sasaran Pembangunan Daerah Kabupaten Tanjung Jabung Barat tahun 2021.

"Pelaksanaan konsultasi publik ini merupakan salah satu tahapan penyusunan rencana kerja pemerintah daerah RKPD sebelum dilaksanakan Musrenbang RKPD di kecamatan dan Musrembang RKPD Kabupaten," ujarnya.

Sekda menjelaskan, RKPD Kabupaten Tanjung Jabung Barat yang disusun merupakan dokumen perencanaan daerah periode tahun 2021 yang berdasarkan arah kebijakan pembangunan daerah mengacu pada dokumen RPJMD Kabupaten Tanjung Jabung Barat tahun 2016 hingga 2021, serta memperhatikan prioritas pembangunan Provinsi Jambi dan Prioritas pembangunan nasional.

Selain itu, menurutnya RKPD tahun 2021 merupakan tahun kelima yang memiliki posisi critical point strategis menentukan keberhasilan pencapaian target RPJMD Kabupaten Tanjung Jabung Barat tahun 2016 hingga tahun 2021 sebagai tahap keempat RPJPD Kabupaten Tanjung Jabung Barat tahun 2005 hingga tahun 2025.

"Pada dasarnya pembangunan ditujukan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Oleh karena itu, dalam prosesnya pembangunan harus memperhatikan norma-norma, yaitu pembangunan tidak boleh menciptakan dan memperlebar ketimpangan serta pertumbuhan ekonomi yang dikejar tidak boleh menurun daya dukung yang akan menimbulkan kerusakan lingkungan," pungkasnya. (Henky)




Tagar:

# TANJABBARAT





loading...