Ngobrol Santai Kadiskominfo Provinsi, Sarapan Pagi hingga Bahas Soal SPBE Segera Diterapkan



Jumat, 24 Januari 2020 - 20:58:29 WIB



Nurachmat Herlambang (berkacamata).
Nurachmat Herlambang (berkacamata).

JAMBERITA.COM - Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Provinsi Jambi Nurachmat Herlambang bersama beberapa Kepala Bidang (Kabid) dan Kepala Seksi (Kasi) di dinasnya menggelar silaturahmi penuh keakraban.

Pertemuan ini dibarengi dengan obrolan santai dan sarapan pagi di salah satu Cafe end Resto di Kawasan Talang Banjar Kota Jambi itu.

Mereka membahas 8 aplikasi umum yang akan segera diterapkan di lingkup Pemprov Jambi, Jum'at (24/1/2020).

Hadir pula Sekretaris Diskominfo Provinsi Jambi Muslih, Kabid TIK dan Persandian Nailul Autar, Kabid (IKP) Ismail, Kabid Pengembangan E-Government Yenni Marzulita dan Kasi Pengembangan Aplikasi Krisnasari.

Nurachmat Herlambang menuturkan bahwa pengembangan aplikasi umum yang dimaksudkan untuk memberikan layanan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) yang mendukung kegiatan yang mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, transparan, dan akuntabel serta pelayanan publik yang berkualitas dan terpercaya.

"Layanan SPBE mendukung kegiatan pemerintahan di bidang, perencanaan, penganggaran, pengadaan barang dan jasa pemerintah, akuntabilitas kinerja, pemantauan dan evaluasi, kearsipan, kepegawaian dan pengaduan pelayanan publik," tutur Pria berkaca mata itu.

Nurachmat mengatakan, sebenarnya peraturan tentang SPBE tersebut sudah ditetapkan sejak 2 tahun lalu yaitu Peraturan Presiden Nomor 95 Tahun 2018 SPBE dan dilaksanakan. Khususnya dilingkungan Pemprov Jambi sendiri yang akan dinaungi Diskominfo, rencananya akan direalisasikan pada 2021 mendatang.

"Itu (8 aplikasi umum) sekarang tinggal nunggu penegasan lagi. Oktober (2020) sudah siap, tetapi 2021 (sistem aplikasi berbasis elektronik itu) akan diterapkan, kedepan semua (Organisasi Perangkat Daerah (OPD) menggunakan aplikasi Pemerintahan yang bersifat wajib,"ujarnya.

Selain itu Nurachmat juga membahas persoalan perubahan struktur di Biro Humas dan Protokoler Provinsi Jambi. Dimana pengelolaan media yang bermitra di Humas itu nantinya, akan pindah ke Diskominfo Provinsi Jambi, sedangkan Biro Humas akan menjadi Administrasi Pimpinan.

"Sudah disetujui, sekarang lagi dibahas struktur organisasi dan tata kerjanya. Kalau ditempat lain sudah jalan tahun ini, kalau orang lain tidak ada masalah, tidak ada pakai runding-rundingan, kalau sudah ditetapkan, aturannua seperti ini ya ambil dan laksanakan, di kita ini banyak berundingnya," ucapnya bercanda dengan keramahtamahannya.

Terkait dengan itu pula, ketika perubahan struktur itu diterapkan di 2021. Artinya Humas/pengelolaan media sebagai corong pemerintah kembali lagi kepada asalnya yakni bergabung ke Diskominfo, tentu tutur Nurachmat, pihaknya akan mempersiapkan langkah-langkah selanjutnya.

"Secara umum si pembuatan aplikasi perawatan sudah bisa kita laksanakan sendiri, cuma ya memang masih kurang, masih perlu upgrade lagi ya, penambahan Sumber Daya Manusia (SDM) juga karena (akan) banyaknya tugas, paling tidak (penambahan) P3K," terangnya.

Kemudian, Nurachmat beserta pegawainya juga mengaku, terkait dengan perubahan organisasi dan berpindahnya pengelolaan media ke Diskominfo, tentu secara pelan-pelan pihaknya akan mulai memainkan peran.

Decara bertahap mereka akan melakukan pendekatan dan komunikasi kepada awak media.

"Sebenarnya memang saya sudah dari jauh hari merencanakan untuk ngundang teman-teman media, tapi pelan pelan akan kita undang, mungkin nggak bisa sekaligus, ya bergantian," ungkapnya tersenyum.

Selain membahas 8 aplikasi umum, ada pula aplikasi khusus di pemerintah serta mereka juga mengurai peran Diskominfo secara gamblang, seperti misalnya pembuatan website salah satunya sekarang terus berjalan yakni di Rumah Sakit Jiwa Daerah dan website soal informasi mengenai Samsat.

Mengakhiri obrolan santai serta jamuan sarapan pagi yang disertai candaan tersebut, maka silahturahmi diakhiri. Karena waktu juga terbatas, sekaligus Nurachmat hendak melaksanakan ibadah salat Jum'at.(afm)












loading...