Pilih Jadi Cawagub AJB Belum Prioritas, Cikbur: Demokrat Ingin Usung Cagub



Senin, 20 Januari 2020 - 20:05:42 WIB



Burhanuddin Mahir
Burhanuddin Mahir

JAMBERITA.COM - Partai Demokrat Provinsi Jambi menargetkan Calon Gubernur (cagub) yang diusung adalah kader Demokrat. Sehingga untuk saat ini kader yang memilih menjadi cawagub belum menjadi prioritas.

Ketua DPD Demokrat Provinsi Jambi, Burhanuddin Mahir mengatakan partainya ingin menjadi poros utama dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) 2020. Sehingga partainya berharap cagub yang diusung dari Demokrat.

 "Tetapi ada skala prioritas. Kalau sekarang kita prioritas ke nomor satu  terlebih dahulu. Artinya orang Demokrat jadi cagub. Bukan cawagub. Orang Demokrat disini bukan hanya kader internal bisa saja cagub yang memilih masuk menjadi kader Demokrat,” katanya saat ditemui di Gedung DPRD Provinsi Jambi Senin (20/1/2020).

Bagaimana dengan AJB yang merupakan kader Demokrat? Pria yang akrab disapa Cik Bur ini menyebutkan AJB dalam setiap penjaringan parpol mendaftar sebagai Cawagub. Tapi fokus Demokrat saat ini bagaimana bisa mengusung Cagub Demokrat. “Politik ini negoisasi, maunya kami nomor satu,”kata Wakil Ketua DPRD Provinsi Jambi.

Soal komunikasi dengan Al Haris baru-baru ini apakah juga bagian untuk menggaet Al Haris ke Demokrat, Cik Bur mengaku sebagai ketua partai dirinya memang harus melakukan komunikasi dengan semua calon. “Kebetulan yang ketahuan dengan Al Haris. Yang lain juga ada komunikasi,” katanya sambil tertawa.

Lalu kapan akan memutuskan dukungannya? Ia mengatakan menunggu hasil surve kedua. Ini karena hasil survei pertama ini angkanya tidak ada yang dominan. Dengan waktu yang masih panjang, maka hasilnya masih dinamis. “Belum ada cagub yang meraih elektabilitas dominan, masih sama-sama kuat,”ucapnya.

Karena itu, partai yang dikomandoi Burhanuddin Mahir ini akan melakukan survei tahap kedua pada Maret mendatang.

"Survei pertama sudah rampung. Kami akan lakukan kembali survei kedua pada Maret mendatang," kata Mantan Bupati Muaro Jambi ini. 

Ia menyebutkan, setelah hasil survei kedua itu telah didapatkan, baru bisa dilihat siapa yang memang memperoleh hasil paling tinggi. Setelah itu, baru bisa ditentukan kemana arah dukungan. Pada posisinya, tetap partainya akan prioritaskan kader. (am)









loading...