Bawaslu Bidik Dua Potensi Pelanggaran Ini Dalam Rekruitmen PPK



Minggu, 19 Januari 2020 - 17:34:15 WIB



Fachrul Rozi
Fachrul Rozi

JAMBERITA.COM - Proses perekrutan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk membantu kerja KPU pada pelaksanaan Pilgub Jambi 2020 mulai dilakukan. Bawaslu sendiri secara tegas siap melakukan pengawasan. apalagi ada beberapa catatan yang menjadi perhatian lembaga pengawasan pemilu ini.

"Dua periode masa kerja, kemungkinan sebagai anggota partai politik ataupun tim sukses. Hal ini jadi catatan penting bagi kami dalam melakukan pengawasan perekrutan," kata Pimpinan Bawaslu Provinsi Jambi, Fahrul Rozi.

Ia menyebutkan, pihaknya juga akan mengawasi terhadap tata cara perekrutan. Hal ini dilakukan agar tidak terjadi potensi pelanggaran etik setelah semuanya sudah selesai perekrutan. Pihaknya juga sudah ingatkan kepada KPU dengan mengirimkan surat.

"Ketika itu terjadi, ada dua catatan yaitu masalah etik dan juga administrasi. Etik akan diproses dengan caranya, begitupun dengan administrasi," ujarnya.

Bawaslu punya kekuatan melakukan pengawasan perekrutan PPK. Sedangkan perekrutan Panwascam tidak ada yang mengawasi? Koordinator Divisi Pengawasan ini menyebutkan bahwa pihaknya melakukan itu karena diperintahkan oleh undang-undang.

"Makanya kami mencontohkan itu dengan perekrutan sebelumnya. Buktinya saat perekrutan sebelumnya tidak ada masalah dan itu adalah sebagai contoh," tandasnya. (am)












loading...