Center for ASEAN Marketing Nobatkan Fasha Wali Kota Enterpreneur 2019

Untuk Kesekian Kalinya Fasha Raih Enterpreneur Award


Kamis, 05 Desember 2019 - 08:39:36 WIB



 

JJAMBERITA.COM, JAKARTA - Penghargaan dan apresiasi sepertinya terus tertuju kepada Wali Kota Jambi Syarif Fasha. Wali Kota dengan jargon Kota Jambi Terkini itu kembali menerima penghargaan tingkat nasional dibidang kewirausahaan (entrepreneurship), yaitu Wali Kota Entrepreneur Award 2019.

Bertempat di Ballroom The Ritz-Carlton Pacific Place Jakarta, pada Rabu (4/12), Philip Kotler Center for ASEAN Marketing menobatkan Wali Kota Jambi Syarif Fasha sebagai Wali Kota Enterpreneur dan berhak menerima penghargaan Wali Kota Entrepreneur Award 2019 untuk kategori Perdagangan. Fasha pun menjadi satu-satunya kepala daerah berprestasi dari Provinsi Jambi yang meraih anugerah tersebut, yang diberikan dalam rangkaian acara Regional Leader Entrepreneur Awards 2019.

Fasha dinilai sebagai sosok kepala daerah yang memiliki prestasi dan komitmen tinggi dalam memajukan dunia kewirausahaan, investasi dan perdagangan di Kota Jambi dan regional Provinsi Jambi.

Dalam sambutan dan paparannya, Founder & Chairman MarkPlus, Inc. Prof. Hermawan Kartajaya, mengatakan Regional Leader Entrepreneur Awards 2019 hadir untuk mengapresiasi usaha kepala daerah dalam membangun daerahnya, dengan mengedepankan semangat inovasi, kreativitas, dan kewirausahaan.

“Paradigma seorang pemimpin dulu adalah efisiensi, produktivitas, dan profesionalisme. Sekarang tiga poin inovasi, kreativitas, serta entrepreneurship adalah cara berpikir baru seorang pemimpin inovatif. Apresiasi ini diberikan kepada kepala-kepala daerah yang memajukan daerahnya lewat tiga karakter tersebut,” ujar Hermawan Kartajaya yang juga merupakan The founder of Philip Kotler Center of ASEAN Marketing and Chairman of Indonesia Council for Small Business (ICSB) Indonesia itu.

Ajang penghargaan Regional Leader Entrepreneur Awards 2019 kali ini juga masuk dalam rangkaian event marketing terbesar di Asia sejak 2006, yaitu MarkPlus Conference 2020. Penghargaan ini diberikan kepada 44 orang kepala daerah mulai dari bupati, walikota, dan gubernur. Selain Wali Kota Jambi, turut pula meraih anugerah tersebut, Gubernur DKI Jakarta, Gubernur Jawa Barat, Gubernur Sulawesi Selatan, Gubernur DIY, Gubernur Nusa Tenggara Barat, Wali Kota Bandung, Bupati Banyuwangi, Wali Kota Bogor, serta sejumlah kepala daerah berprestasi lainnya.

Para pemimpin daerah yang meraih anugerah ini dinilai sebagai pemimpin yang kreatif dalam menghasilkan ide dengan kuantitas banyak, inovatif karena terobosannya solutif, memudahkan, cepat diadopsi dan dirasakan masyarakat, serta berjiwa entrepreneurship karena berpandangan kedepan dan berorientasi pada perubahan. Dan kesemuanya bisa dirasakan di berbagai sektor, mulai dari kesehatan, pendidikan, pengentasan kemiskinan, hingga pariwisata, perdagangan dan investasi.

Adapun proses penilaian penghargaan itu, dimulai sejak Oktober 2019 lalu, dengan tim juri yang langsung ditunjuk oleh Philip Kotler Center for ASEAN Marketing (PKCAM) dan International Council for Small Business (ICSB) Indonesia. Hasil penilaian tim juri kemudian diserahkan kepada Direktorat Jenderal Otonomi Daerah (OTDA) Kementerian Dalam Negeri, yang kemudian dilanjutkan dengan proses audiensi dan klarifikasi langsung dengan Direktur Jenderal Otonomi Daerah.

Usai menerima penghargaan tersebut, Wali Kota Jambi Syarif Fasha menyampaikan bahwa penghargaan ini merupakan wujud apresiasi atas kualitas kinerja pemerintahan yang baik selama ini dalam memajukan Kota Jambi.

"Penghargaan yang kami terima untuk sekian kalinya ini merupakan apresiasi dan pengakuan atas kinerja kami bersama jajaran ASN Pemkot Jambi dalam memajukan dunia usaha, kewirausahaan, investasi dan perdagangan di Kota Jambi. Ini merupakan kebanggaan bagi kami, bagi ASN kami, bagi masyarakat Kota Jambi dan menjadi motivasi kami untuk terus bekerja, berkarya dan memberikan yang terbaik bagi masyarakat Kota Jambi. Terima kasih kepada seluruh pihak dan masyarakat yang selama ini mendukung berbagai kebijakan kami," ujar Doktor Ilmu Pemerintahan jebolan IPDN itu.

Penghargaan yang diterima Wali Kota Syarif Fasha ini turut pula menambah panjang daftar penghargaan yang telah diterimanya dalam kurun waktu setahun belakangan di periode kedua kepemimpinannya di Kota Jambi. Bahkan dalam beberapa pekan terakhir, rentetan berbagai penghargaan bergengsi pun seakan tak henti menghampiri sosok Wali Kota dengan segudang prestasi ini.

Di acara bersamaan, MarkPlus, Inc., juga memberikan penghargaan Special International Recognition on Marketing 2019 kepada Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir. Sosok Erick dinilai sebagai pemasar yang mampu mendulang prestasi luar biasa di bidang marketing di tiga sektor berbeda dalam kurun waktu yang relatif singkat.







loading...