Yunninta Beber Strategi Percepatan Pembangunan Desa Di Batanghari



Rabu, 20 November 2019 - 09:18:00 WIB



JAMBERITA.COM-  Wakil Ketua DPRD Batanghari Hj. Yunninta Asmara, SH perlu ada langkah percepatan pembangunan desa yang unggul dan sejahtera. Namun ia mengingatkan untuk mencapai hal itu dibutuhkan kerja keras dan strategi yang baik.

Saat ini Yunninta menilai setidaknya ada empat strategi jitu yang dapat dilakukan guna mempercepat pembangunan desa yakni pertama, mendasarkan pembangunan desa pada aspek partisipatif.

" Pembangunan partisipatif dilakukan sebagai upaya mempercepat dan meningkatkan kualitas pelayanan, pembangunan, dan pemberdayaan masyarakat desa dengan mengedepankan kebersamaan, kekeluargaan, dan kegotongroyongan,ungkap Yunninta di Muara Bulian (18/11) kemarin. "

“Strategi pertama ini akan mewujudkan pengarusutamaan perdamaian dan keadilan sosial,” ujarnya.

Kedua, membangun sinergitas antar aktor sebagai kunci pelaksanaan implementasi UU Desa.  Dalam hal ini, perlu ada penguatan koordinasi dan keterlibatan aktif seluruh stakeholder termasuk non government organization (NGO)/LSM, dunia usaha, universitas dan media.

“Sinergi antar aktor dilakukan dalam rangka mendukung dan mengorganisir kegiatan-kegiatan setiap sektor dan aktor dalam satu sistem yang terorganisir sekaligus mencegah tumpang tindih,” katanya.

Ketiga, pembangunan ekonomi lokal mandiri berbasis produksi. Hai ini akan menunjang upaya  penguatan ekonomi nasional dengan ketahanan pangan dan energi yang kuat.

Keempat, percepatan penyaluran dan penggunaan dana desa dalam menggerakkan sektor rill ekonomi desa.

“Dana desa merupakan penggerak sektor ekonomi riil di desa. Dari total dana desa yang sebesar Rp 98 miliar, kita asumsikan bahwa 70 persen dana desa dimanfaatkan untuk pembangunan infrastruktur perdesaan,” pungkasnya.(*/sm)

 

   





Artikel Rekomendasi