Mulai Bergerilya Cari Dukungan, Cagub Mulai Garap Basis Lawan



Selasa, 09 Juli 2019 - 07:42:35 WIB



M Farisi
M Farisi

JAMBERITA.COM - Para bakal calon yang bakalan ikut bertarung pada Pilgub Jambi 2020 mendatang mulai bergerak ke daerah para bakal calon lain untuk menarik massa dan memperkenalkan kepada masyarakat.

Misalnya saja Bupati Sarolangun, Cek Endra. Pria yang akrab disapa CE ini sudah mulai bergerilya di Kota Jambi dengan program yang sama dilakukan di Sarolangun, yaitu Subuh Keliling.

Selain CE sendiri, Walikota Jambi, Sy Fasha juga melakukan hal yang serupa. Walikota dua periode ini juga beberapa kali mengisi acara di Kerinci seperti menjadi Narasumber di salah satu kampus.

Melihat hal itu, Pengamat Politik, Mochammad Farisi, mengatakan, untuk Pilgub jangan lupa bahwa para calon harus memiliki keterkenalan di 11 kabupaten/kota. Dari hasil survei yang dirilis kemarin juga menyimpulkan baru Hasan Basri Agus (HBA) saja yang memiliki keterkenalan merata di 11 kabupaten/kota. "Sedangkan para calon lain hanya terkenal di daerahnya dan beberapa daerah yang berdekatan," katanya kepada Jamberita.com ketika dikonfirmasi, Senin (8/7/2019).

Ia mengatakan, dengan adanya hal seperti itu, masuk ke basis orang lain adalah hal yang wajib dilakukan untuk melakukan sosialisasi. Hal itu juga sudah harus dilakukan dari sekarang dengan berbagai macam teknik yang dirasa efektif. "Turun langsung ke masyarakat dan penyampaian lewat media massa menjadi hal yang paling efektif untuk masuk ke basis massa yang lain," ujarnya.

Diluar itu juga, program yang menjadi kesuksesan tersebut juga bisa dibawa dan diadopsi menjadi program dan juga bahan kampanye untuk disampaikan ke masyarakat yang ada di daerah lain. "Hal itu juga bisa menggerus basis massa di daerah yang menjadi basis massa orang lain," jelasnya.

"Karena masyarakat bisa kembali menilai para calon yang lain diluar yang ada didaerah tersebut, apalagi jika dapat menggaet tokoh yang ada di daerah yang menjadi basis orang lain. Hal ini juga berlaku untuk seluruh calon lain yang memiliki kekuatan yang sama," tukasnya. (am)









loading...