HBA Sebaiknya Tetap di Senayan atau Maju Pilgub, Ini Kata Pengamat



Jumat, 14 Juni 2019 - 16:18:09 WIB



JAMBERITA.COM - Mantan Gubernur Jambi H Hasan Basri Agus (HBA) memang menjadi magnet tersendiri dalam bursa calon gubernur jambi periode 2021 - 2025.

Namun, Ketua Dewan Pertimbangan Partai Golkar ini sudah dipercaya oleh masyarakat untuk berada di senayan sebagai anggota DPR RI.

Meskipun begitu, beberapa lembaga survei menyebutkan bahwa masih nama HBA yang unggul dalam proses perhelatan pilgub mendatang.

Dua lembaga survei yang sudah sampaikan risetnya yaitu Idea Institute dan LKPR menyebutkan HBA sebagai figur yang paling tinggi elektabilitasnya untuk maju di Pilgub mendatang.

Melihat hal tersebut, Pengamat Politik, Bahren Nurdin, mengatakan, dalam konteslasi Pilgub ini, HBA tidak perlu lagi ikut dalam perhelatan tersebut. HBA sudah harus fokus berkiprah di nasional. "Karena jika maju kembali, jatuhnya itu turun level," katanya ketika dihubungi Jamberita.com, Jumat (14/6/2019).

Ia mengatakan, untuk Jambi biarkan para tokoh-tokoh baru ini yang membangun Jambi terutama dalam konstelasi Pilgub. HBA dalam posisinya saat ini hanya perlu membimbing mereka saja, dan juga HBA sendiri sudah pernah menjadi Gubernur. "Namun itu semua tetap dikembalikan kepada HBA sendiri untuk mengambil keputusan," ujarnya.

Karena bukan hanya itu, dalam psikologi politik, jika HBA memastikan maju maka dirinya mengabaikan 200 ribu lebih masyarakat Jambi yang memilihnya untuk menjadi legislator di pusat. Sangat rugi jika akhirnya nanti memilih kembali untuk maju sebagai cagub. "HBA sudah harus fokus di nasional, komunikasi bagus dengan presiden, mungkin bisa jadi menteri," sebut akademisi UIN Jambi ini.

"Bahkan dari awal beliau (HBA) sendiri yang menyebutkan bahwa susah mencari tokoh Jambi di nasional. Jadi lebih baik fokus saja berkiprah di nasional," tukasnya. (am)












loading...










#DEBAT KANDIDAT PILWAKO #BAKSO TARSYID #SIDANG SUPRIYONO #PLN #DEBAT PILWAKO 1 #ZOLA DIPERIKSA KPK #BATU BARA #VONIS KETOK PALU #ZUMI ZOLA TERSANGKA #SAROLANGUN #MUARO JAMBI #MERANGIN #Miss Indonesia 2019 #Nenek Zumi Zola Meninggal #BUNGO #BERITA JAMBI #BATANGHARI #cawagub fachrori #caleg PBB Jambi mundur #ZUMI ZOLA #LHKPN #KOTA JAMBI #KERINCI #korem 042/gapu #Kemas Faried #Fachrori Rombak Pejabat #danrem 042 Gapu #SUNGAI PENUH #SUAP KETOK PALU #surat suara Jambi #abdul Fattah meninggal #PRABOWO KE JAMBI #Pemberhentian Zumi Zola #TEBO #TANJABTIMUR #TANJABBARAT #TMMD Kerinci #TABLOID INDONESIA BAROKAH #Rocky Gerung #relawan demokrasi #REKI #Edi Purwanto #UIN STS Jambi #Pelecehan seksual #bawaslu provinsi jambi #Debat Pilpres 4 #Pahlawan nasional #Raden Mattaher #Partai Berkarya #KKI WARSI #pohon asuh #Edi Purwanto #iin inawati #Jambi masa lalu #Sejarah jambi #Musri Nauli #angin kencang Bungo #Kantor Pos Bungo Diterjang Angin #Syaihu ke PTUN #Demo UINS STS Jambi #Pelecehan seksual #Penyelundupan Lobster #Lobster Jambi #masa tenang #money politic #BAWASLU KOTA JAMBI #SYARIF FASHA #FACHRORI UMAR #HASIL PILPRES 2019 #HASIL PILEG 2019 #17 April 2019 #Minyak ilegal #Polda Jambi #KPPS Dipecat #PEMILU 2019 #LOGISTIK PEMILU 2019 #KPU PROVINSI JAMBI #Caleg Gerindra Ditangkap di Sungaipenuh #Mualaf Center Indonesia #kotak suara rusak #Hasil Pileg Tanjabbar #KPPS Meninggal Dunia #Pembakaran Kotak Suara #Prediksi Kursi di Provinsi Jambi #Pleno Rekapitulasi Suara #Harga Bawang putih #PLENO KPU PROVINSI JAMBI #Sutan Adil Hendra #SIDANG PELANGGARAN BAWASLU #Ketua DPRD Kota Jambi #Kemendagri #Samsat Jambi #Ratu Munawarrah #PIlgub Jambi #Anggota DPRD pindah parpol #DPRD Sungai Penuh #aksi Mahasiswa Jambi #GUGATAN PARPOL DI MK #Polda Jambi