Langsung Pleno di Kecamatan, Ini Jadwal Pleno Rekapitulasi Sesuai Tahapan Setelah Pemungutan Suara



Kamis, 18 April 2019 - 20:59:18 WIB



JAMBERITA.COM - Pemungutan dan perhitungan suara sudah selesai dilaksanakan. Beberapa TPS yang dilakukan penundaan karena kerusakan kotak suara hari ini juga sudah melakukan pemungutan suara. 

Komisioner KPU Kota Jambi, Deni Rahmat, mengatakan, setelah dilakukan pemungutan suara, akan dilangsungkan proses penghitungan serta rekapitulasi di TPS. Ini diberi waktu hingga pukul 00.00 WIB. "Namun jika tidak terkejar akan ditambah waktunya selama 12 jam. Sesuai jadwal waktu penghitungan dan rekapitulasi di TPS adalah 17-18 April," katanya ketika ditemui Jamberita.com di Astaka, Selasa (16/4/2019).

Ia mengatakan, setelah selesai di TPS, semuanya akan langsung dibawa ke Kecamatan untuk dilakukan perekapan dan pleno. Waktu yang diberikan itu dari 18 April - 4 Mei masa rekapitulasi dan pleno kecamatan. "Disini para PPK sebagai pimpinan pleno dan PPS akan merekap jumlah dari setiap TPS," kata Divisi Teknis ini.

Setelah selesai, akan dibawa ke Kota untuk kembali dilakukan pleno. Untuk Kota sendiri dari 22 April - 7 Mei. Setelah itu dibawa ke Provinsi untuk diplenokan dan diberi waktu dari 22 April - 12 Mei. "Sedangkan pleno nasional pada 27 April - 22 Mei," sebutnya.

Dalam pleno rekapitulasi dan penghitungan ini terbuka, para saksi akan diberikan salinan hasil rekapitulasi. "Media juga diberi ruang untuk meliput hasil rekapitulasi tersebut," tukasnya. (am)










loading...