25 Jurnalis di Jambi ikuti Google News Initiative Training Network



Minggu, 16 Desember 2018 - 20:07:59 WIB



JAMBERITA.COM- Sebanyak 25 jurnalis di Jambi mengikuti pelatihan Google News Initiative Training Network yang digelar oleh Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Indonesia bekerjasama dengan Google News Initiative dan Internews, yang diselenggarakan di V Hotel, Kota Jambi, Sabtu.

 

Pelatihan yang diikuti puluhan jurnalis dari berbagai platform tersebut sebagai upaya untuk memberikan pemahaman kepada jurnalis dalam menangkal informasi hoaks.

Dalam pelatihan itu diisi oleh dua pemateri yang telah tersertifikasi, yakni Afwan Purwanto dan Siti Masnidar. Pelatihan ini digelar selama dua hari, yakni 15 --16 Desember 2018 yang juga mendapat dukungan dari panitia AJI Kota Jambi.

Pada kesempatan itu, Afwan Purwanto selaku pemateri mengatakan pelatihan yang diselenggarakan di Jambi tersebut merupakan pelatihan penutup pada tahun 2018.

"Pada tahun 2018 sudah ada sekitar 2.000 lebih jurnalis di Indonesia yang telah mendapatkan pelatihan seperti ini, dan tahun depan program ini masih berlanjut di kota lain," kata Afwan.

Pelatihan Google News Initiative itu jurnalis diberikan pemahaman dalam menangkal dan memverifikasi informasi hoaks dengan menggunakan berbagai produk tools milik Google.

Selain itu peserta juga aktif mempelajari berbagai materi mengenai kebersihan data digital (digital hygiene), analisa dasar atas informasi yang beredar di media sosial.

Kemudian peserta juga diberikan materi terkait pencarian dan penelusuran data, serta beragam tools yang juga dapat digunakan untuk melakukan investigasi secara online.

"Teman-teman yang mengikuti pelatihan ini bisa menggunakan 'google tools' di ruang redaksi kalian nanti untuk memverifikasi informasi atau berita hoaks," demikian Afwan yang juga produser RTV ini.(*/sm)



Artikel Rekomendasi