Lihat Kondisi Harimau Sumatra Tangkapan BKSDA, Kapolda Jambi : Rumahnya Habis Dijarah



Rabu, 27 April 2022 - 15:57:07 WIB



Kapolda Jambi Irjen Pol A Rachmad Wibowo melihat kondisi Harimau Sumatra di Tempat Penyelamatan Satwa, Rabu (27/4/2022).
Kapolda Jambi Irjen Pol A Rachmad Wibowo melihat kondisi Harimau Sumatra di Tempat Penyelamatan Satwa, Rabu (27/4/2022).

JAMBERITA.COM - Kapolda Jambi Irjen Pol. A. Rachmad Wibowo mengunjungi kandang perawatan Tempat Penyelamatan Satwa (TPS) Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jambi Rabu, (27/04/22). 

Sebelumnya Kamis, (21/4) BKSDA Jambi berhasil menangkap Harimau yang telah meresahkan warga di Desa Nalo Gedang, Kabupaten Merangin.

Untuk itu, Kapolda Jambi beserta rombongan melihat langsung kondisi Harimau Sumatera yang telah diamankan dan sedang dilakukan perawatan di TPS BKSDA.

Irjen Pol. A Rachmad mengatakan, konflik antara manusia dan Harimau Sumatera ini diakibatkan hutan sebagai tempat habitatnya telah dialih fungsikan oleh manusia sehingga terpaksa harimau masuk ke perkampungan untuk mencari makan.

"Rumahnya ini sudah tidak ada lagi sudah habis dijarah manusia dijadikan kebun semua, yang pasti harimau ini harus tetap hidup, kita lakukan perawatan terlebih dahulu sebelum dilepasliarkan kembali kehutan," ujarnya.

Kepala BKSDA Jambi Rahmad Saleh menyampaikan bahwa harimau tersebut akan segera dilepasliarkan sehabis lebaran tahun ini di kawasan Hutan Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) Jambi. 

"Saat pelepasliaran harimau akan menggunakan helikopter untuk kembali ke hutan agar petugas yang melepas bisa tetap aman helikopter akan menggantung di udara," terangnya.(afm)





Artikel Rekomendasi