Dinkes Siapkan Nakes Selama Gubernur Cup Berlangsung, Ini Kata Ahli Gizi Bagi Pemain



Rabu, 12 Januari 2022 - 17:00:41 WIB



Dinkes Provinsi Jambi siapkan Tim Nakes selama turnamen Gubernur Cup berlangsung di Stadion Tri Lomba Juang Jambi
Dinkes Provinsi Jambi siapkan Tim Nakes selama turnamen Gubernur Cup berlangsung di Stadion Tri Lomba Juang Jambi

JAMBERITA.COM - Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Jambi menyiapkan Tenaga Kesehatan (Nakes) selama perhelatan Gubernur Cup 2022, setelah resmi dibuka pada 7 Januari 2022 waktu lalu sampai dengan hari ini di stadion Tri Lomba Juang Jambi, Rabu (12/1).

"Dinkes, mengirimkan tim kesehatan dari seluruh puskesmas di Kota Jambi hari ini puskemas paal merah I, sebanyak 5 orang dan rumah sakit Bratanata sebanyak 5 orang," kata Koordinator Tim Kesehatan Gubernur Cup Ahli Gizi (Persatuan Ahli Gizi DPD Jambi Helfiyan, SST, M.Kes.

Menurut Helfiyan, tim kesehatan sangat memegang peranan penting selama pertandingan, karena apabila ada pemain cedera, berupa trauma di kaki, di kepala, badan dan kemungkinan sesak napas selama pertandingan karena keletihan.

"Selama pertandingan untuk menghindari cedera otot, persendian sebelum pertandingan harus melakukan proses pemanasan (warming up)," ujarnya.

Sebelum pertandingan pemain harus diperhatikan makanannya, sebelum pertandingan harus diatur kebutuhan makanannya dan 7 hari sebelum pertandingan harus mengkonsumsi gizi seimbang tinggi kalori dan protein.

"Menjelang 3 hari pertandingan harus cukup tinggi energi karena selama pertandingan pemain sepakbola banyak mengeluarkan energi," terangnya.

Pemain juga sebelum pertandingan harus istirahat yang cukup untuk biar tetap sehat dan bugar selama pertandingan, 

"Saat istirahat jeda pemain sebaiknya diberi buah seperti semangka, melon, pear, juice jambu biji, jeruk dan cukup cairan biar tidak terjadi dehidrasi," pungkasnya.(afm)





Artikel Rekomendasi