Diduga PETI Berlindung Dibalik Galian C, Desa Seling



Kamis, 26 September 2019 - 09:30:44 WIB



JAMBERITA.COM, MERANGIN - Galian C yang beroperasi Desa Seling Kecamatan Tabir, Merangin di sepanjang sungai Tabir meresahkan warga setempat.

Pasalnya, diduga kegiatan yang dilakukan bukan galian C, tapi aktivitas Pertambangan Emas Tampa Izin (PETI)

Hal itu diakui Nasir warga Desa Seling saat dibincangi beberapa para awak media. Dia mengatakan, bahwa aktifitas galian C yang juga berkedok PETI sudah sangat meresahkan warga.

Walau kabarnya dia mengakui dari informasi masyarakat lainnya, pulau itu telah dibeli salah satu warga setempat. Akhirnya warga itu menjual pulau Desa ke pihak lainnya.

"Dimana ketegasan kepala desa saat ini. mengapa dibiarkan beroperasi memang pulau itu sudah dibeli, tapi jangan sampai merusak lingkungan di sungai," ungkap Nasir.

Senada dengan Dinar warga lainnya memiliki sawah di lokasi setempat juga mengeluhkan aktifitas Galian C tersebut. Ia menilai aktifitas galian C sudah melampaui batas.

"Sawah kami terancam runtuh, karena alat berat sudah sampai ketengah sungai mengeruk batu, selaku punya sawah kami tidak senang," kata Dinar.

Sementara Ketua RT 9, Sudin menyebutkan bahwa dirinya sudah berupaya mencegah beroperasinya alat berat tersebut.

Namun tetap saja beroperasi hingga mengeruk batu ke tengah sungai.

"Sudah saya cegah tapi masih beroperasi yang kami khawatirkan tanah yang di bronjong runtuh apalagi disana ada sawah warga,"papar Ketua RT 9 Sudin.

Terkait hal ini dirinya sudah berkoordinasi bersama Kepala Desa dan Ketua BPD. Namun dirinya tidak mendapat alasan yang jelas dari petinggi Desa tersebut.

"Sudah saya sampaikan dengan Kepala Desa dan BPD jawabnya iya iya saja,sampai sekarang belum ada solusinya,"kata ketua RT.

Ketua BPD Desa Seling Amir mengatakan hal sama bahwa dirinya sudah berupaya mencegah sampai menelpon pemilik alat berat.

"Sudah saya cegah, bahkan saya bersama perangkat desa turun ke lokasi. Dan ini juga sudah saya komunikasi dengan pembeli dan penjual. Saya katakan perjanjiannya yang dijual itu pulau bukan sampai ke tengah sungai nanti beronjong itu runtuh,"jelasnya.

Sementara itu Kepala Desa Seling Hasan, belum berhasil dikonfirmasi karena nomor handphonenya sedang tidak aktif.(*/sm)




Tagar:

# MERANGIN








loading...










#DEBAT KANDIDAT PILWAKO #BAKSO TARSYID #SIDANG SUPRIYONO #PLN #DEBAT PILWAKO 1 #ZOLA DIPERIKSA KPK #BATU BARA #VONIS KETOK PALU #ZUMI ZOLA TERSANGKA #SAROLANGUN #MUARO JAMBI #MERANGIN #Miss Indonesia 2019 #Nenek Zumi Zola Meninggal #BUNGO #BERITA JAMBI #BATANGHARI #cawagub fachrori #caleg PBB Jambi mundur #ZUMI ZOLA #LHKPN #KOTA JAMBI #KERINCI #korem 042/gapu #Kemas Faried #Fachrori Rombak Pejabat #danrem 042 Gapu #SUNGAI PENUH #SUAP KETOK PALU #surat suara Jambi #abdul Fattah meninggal #PRABOWO KE JAMBI #Pemberhentian Zumi Zola #TEBO #TANJABTIMUR #TANJABBARAT #TMMD Kerinci #TABLOID INDONESIA BAROKAH #Rocky Gerung #relawan demokrasi #REKI #Edi Purwanto #UIN STS Jambi #Pelecehan seksual #bawaslu provinsi jambi #Debat Pilpres 4 #Pahlawan nasional #Raden Mattaher #Partai Berkarya #KKI WARSI #pohon asuh #Edi Purwanto #iin inawati #Jambi masa lalu #Sejarah jambi #Musri Nauli #angin kencang Bungo #Kantor Pos Bungo Diterjang Angin #Syaihu ke PTUN #Demo UINS STS Jambi #Pelecehan seksual #Penyelundupan Lobster #Lobster Jambi #masa tenang #money politic #BAWASLU KOTA JAMBI #SYARIF FASHA #FACHRORI UMAR #HASIL PILPRES 2019 #HASIL PILEG 2019 #17 April 2019 #Minyak ilegal #Polda Jambi #KPPS Dipecat #PEMILU 2019 #LOGISTIK PEMILU 2019 #KPU PROVINSI JAMBI #Caleg Gerindra Ditangkap di Sungaipenuh #Mualaf Center Indonesia #kotak suara rusak #Hasil Pileg Tanjabbar #KPPS Meninggal Dunia #Pembakaran Kotak Suara #Prediksi Kursi di Provinsi Jambi #Pleno Rekapitulasi Suara #Harga Bawang putih #PLENO KPU PROVINSI JAMBI #Sutan Adil Hendra #SIDANG PELANGGARAN BAWASLU #Ketua DPRD Kota Jambi #Kemendagri #Samsat Jambi #Ratu Munawarrah #PIlgub Jambi #Anggota DPRD pindah parpol #DPRD Sungai Penuh #aksi Mahasiswa Jambi #GUGATAN PARPOL DI MK #Polda Jambi