Satgas Idul Adha Pertamina Mulai Hari Ini Bekerja Amankan Distribusi dan Keamanan Energi



Jumat, 09 Agustus 2019 - 12:41:24 WIB



JAMBERITA.COM,  – Hari Raya Idul Adha senantiasa mengajarkan dan mengingatkan umat Islam tentang pentingnya ikhlas dan berkorban bagi yang lain, bagi umat Muslim Indonesia identik dengan berkurban kambing, domba, atau sapi. Tidak ingin mengganggu kekhidmatan ibadah Idul Adha, Pertamina berkomitmen menjalankan amanah menjaga distribusi dan keamanan stok energi.

“Amanah tersebut terbentuk melalui tim Satuan Tugas (Satgas) Idul Adha mulai Jumat 9 Agustus besok hingga Selasa 13 Agustus. Fungsi Aviasi untuk Avtur, Domestic Gas untuk LPG, Retail Fuel Marketing untuk BBM, Supply and Distribution untuk kegiatan distribusi, serta dukungan fungsi lain siap menjaga ketahanan energi selama Idul Adha,” kata Region Manager Communication & CSR Sumbagsel, Rifky Rakhman Yusuf.

Rifky sendiri mengatakan bahwa terdapat peningkatan kebutuhan energi selama masa Satgas Idul Adha ini. Untuk BBM, diperkirakan ada peningkatan sekitar 2% untuk jenis Gasoline (Turbo, Pertamax, Pertalite) atau sekitar 113 Kilo Liter (KL), sedangkan jenis Gasoil (Dex, Dexlite) kemungkinan akan turun 6% atau sekitar 315 KL dibandingkan konsumsi rata-rata hariannya.

“Untuk mengantisipasi kenaikan Gasoline kami akan siapkan tambahan dan optimalisasi saluran distribusi mulai dari yang masuk ke Terminal BBM sampai sarana distribusi ke SPBU. Gasoil meski turun tetap disiagakan stoknya. SPBU di jalur utama Lintas Sumatera dan Tol Trans Sumatera stok BBM-nya akan kami sesuaikan untuk memastikan kebutuhan masyarakat,” ujarnya.

Kebutuhan penting lainnya adalah kebutuhan LPG, kebutuhan dapur selama Satgas Idul Adha menurut Rifky juga diproyeksikan mengalami peningkatan. Untuk LPG PSO Subsidi 3 Kg diperkirakan akan meningkat sekitar 5.1% dan LPG NPSO meningkat 8% dibandingkan konsumsi normal harian.

“Ini sudah pasti meningkat, karena kebutuhan memasak sebelum Hari Raya Idul Adha nya pun sudah meningkat. Secara total PSO dan NPSO, kenaikannya sekitar 5.4%, dan kami akan menyiagakan seluruh Depot LPG, Agen, dan Pangkalan LPG untuk tetap beroperasi dan melayani masyarakat,” kata Rifky.

Selain memastikan seluruh kebutuhan terpenuhi, Rifky juga menyampaikan persiapan lainnya agar Satgas Idul Adha berjalan dengan lancar. “Setelah Shalat Idul Adha, operasional Pertamina berjalan seperti biasanya. Optimasi sarana distribusi juga akan selalu kami pantau melalui Tim Satgas, jadi masyarakat tidak perlu khawatir, dan jika butuh informasi atau bantuan Pertamina di silahkan menghubungi Call Center 135,” imbuhnya.(*/sm)










loading...








TP PKK Tanjabbar Gelar Rakor Tahun 2019

TP PKK Tanjabbar Gelar Rakor Tahun 2019

Jumat, 06/12/2019 16:34:40