Harga Bawang Putih di Pasar Jambi Menggila, Rp100 Ribu/Kilogram



Kamis, 02 Mei 2019 - 10:43:55 WIB



JAMBERITA.COM - Menjelang Bulan Ramadan harga Bawang Putih benar benar menggila.

Jika sebelumnya menyentuh di harga Rp40 ribu lebih sekarang di harga sekitar menembus Rp.100 ribu/Kilogram.

"Bawang putih Rp.100 ribu10 ribu se ons di pasar Handil, barusan saya belanja, di dua tempat, harga sama-sama Rp100 ribu. Biaso memang lebih mahal. Tapi selisih 2 ribu 5 ribu, Ini ngeri nian," ungkap salah satu IRT , Kamis (2/5/2019).

IRT ini mengaku baru saja dirinya belanja dari Pasar Handil Jaya Kota Jambi. Hasil perbincangannya ke pedagang, bahwa yang menjadi kendala stok barang tidak ada. "Barangnya (Bawang Putih) dak ado kata pedagang tuh," sebutnya.

Sedangkan penelusuran jamberita.com di Pasar Angso Duo Baru harga Bawang Putih juga cukup melonjak tinggi yakni sekitar Rp80 ribu rupiah/Kg.

Kepala Bidang (Kabid) Kordinasi Satgas Pangan sekaligus Kadis Perindag Provinsi Jambi Ariansyah ketika dihubungi membenarkan soal harga bawang putih tersebut. "Betul, kita masih menunggu janji Kemendag pusat bahwa bawang putih impor segera hadir, tetapi sampai dengan saat ini belum juga hadir," jawabnya.

Untuk diketahui Operasi Bwang Putih yang dilakukan di Pasar Angso Duo baru baru kemarin, itu kuota hanya 25 ton untuk persediaan 1 minggu, sementara kebutuhan sehari khususnya di Jambi mencapai 10 ton perhari. "Boleh dikatakan Operasi Pasar kemarin hanya sifatnya sementara saja dan stok saat ini kosong," terangnya.

Lebih lanjut, Ariansyah mengklaim pihaknya sudah melayangkan surat ke Menteri Perdagangan RI tentang hal tersebut. Bahwa kebutuhan akan bawang putih di Jambi itu 10 ton per hari dan memprediksi bahwa akan terjadi kenaikan harga yang tidak wajar karena kelangkaan.

"Tetapi, karena bawang putih adalah impor jadi kita sifatnya menunggu dari pusat," pungkasnya.(afm)





Artikel Rekomendasi