Bawaslu Tanjabbar Sebut Isu Money Politics Sulit Dibuktikan  



Selasa, 16 April 2019 - 14:04:25 WIB



Ilustrasi
Ilustrasi

JAMBERITA.COM - Kabar Money Politics (Politik Uang) santer beredar di Tanjab Barat mendekati H-1 pencoblosan.

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Tanjabbar tak membantah banyak isu money politics beredar selama mendekati masa pencoblosan.

Diakuinya ada beberapa laporan masuk ke meja Bawaslu. Hanya saja, hingga kini sulit untuk diungkapkan.

"Ada laporan masuk.  Dan langsung kita telusuri, tim turun ke lokasi melakukan pengecekan ke lapangan. Namun hasilnya nihil. Karena begitu kita investigasi ke sumber informasi justru sumber tersebut mengaku dia hanya bergurau," kata Ketua Bawaslu Tanjabbar Hadi Siswa melalui Koordinator Divisi PHL, Mon Rezi, Selasa (16/4/2019).

Begitu juga dengan informasi lainnya yang menyebutkan ada salah seorang Caleg untuk DPRD Provinsi yang kedapatan oleh warga masyarakat membagi-bagikan sejumlah uang di Parit 5 Tungkal Ilir, di saat masa tenang Kampanye.

Setelah dilakukan penelusuran, ujar Mon Rezi,  ternyata masyarakat setempat hanya salah paham ada mobil patroli yang masuk oleh beberapa pihak disangka ada pihak caleg bagi-bagi uang dengan tujuan mencoblos salah satu kandidat.

"Artinya sudah kita telusuri, namun tidak terbukti," tandasnya.

Sementara warga Tungkal Ilir, inisial HS mengatakan isue money politics sebenarnya bukan sekedar isapan jempol. Hanya saja, pihak yang dinilai berwenang menangani pelanggaran pemilu politik uang enggan melakukan jempot bola.

"Mereka yang punya wewenang dak mau jemput bola hanya nunggu laporan masuk saja baru mau bergerak, itulah kelemahannya," ujar HS. (Henky)











loading...








Pemuda Tewas diduga Tikam Teman Sendiri

Pemuda Tewas diduga Tikam Teman Sendiri

Senin, 22/04/2019 12:57:33