Realisasi Perhutanan Sosial di Jambi Baru 46,46 Persen



Sabtu, 06 April 2019 - 10:23:07 WIB



Apik Karyana
Apik Karyana

JAMBERITA.COM- Hingga tahun 2018, program Perhutanan Sosial yang menyasar Provinsi Jambi baru terealisasi sebesar 46,46 persen. Pemerintah sendiri menargetkan memberikan SKK seluas 392.730 hektar namun yang sudah diberikan baru 182.459,81 hektar. Dimana yang diberikan 377 unit skk untuk 29.064 KK.

Ini terungkap dalam Workshop dengan temaPengelolaan Hutan Berbasis Masyarakat (PHBM) Sebagai Instrumen Pembangunan: Pengalaman FasilitasiMasyarakat di Dalam dan Sekitar Hutan pada Kamis (4/4/2019).

Staf Ahli Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK),  Apik Karyana mengatakan secara bertahap pihaknya terus meningkat realisasi program perhutanan sosial. Ini untuk memberikan kepastian bagi masyarakat untuk meningkatkan kesejahtraan mereka lewat program ini.

Ada tujuan perhutana sosial adalah pemerataan  konomi dan mengurangi ketimpangan melalui tiga pilar lahan, kesempatan usaha dan Sumber daya Manusia. “Dimana didalamnya lembaga pengelola hutan desa, kelompok tani, masyarakat hukum adat dan lembaga masyarakat desa hutan,” katanya.

Apakah sudah ada manfaat langsung yang dirasakan penerima SKK perhutanan sosial ini? “Jelas. Pertama modal lahan. Ini tidak terhitung nilainya. Dalam usaha, lahan modal yang paling besar. Kedua, terhindar dari konflik lahan jelas ini juga tidak bisa dihitung uang,” katanya.

Selain itu jelas, manfaat ekonomi untuk peningkatan kesejahtraan masyarakat. Makanya, pemerintah juga tetap memberikan pendampingan dengan fasilitas penyediaan Kredit Usaha Rakyat (KUR) dari Bank BUMN, dan mendapatkan jaminan pemasaran untuk hasil produksinya. Termasuk dari CSR dan juga dari APBD Provinsi Jambi.

Ini tergantung dari rencana kerja usaha yang diajukan. Misalnya tanaman jangka pendek, jasa lingkungan, jabon, hasil hutan kayu dan sebagainya. (sm)












loading...










#DEBAT KANDIDAT PILWAKO #BAKSO TARSYID #SIDANG SUPRIYONO #PLN #DEBAT PILWAKO 1 #ZOLA DIPERIKSA KPK #BATU BARA #VONIS KETOK PALU #ZUMI ZOLA TERSANGKA #SAROLANGUN #MUARO JAMBI #MERANGIN #Miss Indonesia 2019 #Nenek Zumi Zola Meninggal #BUNGO #BERITA JAMBI #BATANGHARI #cawagub fachrori #caleg PBB Jambi mundur #ZUMI ZOLA #LHKPN #KOTA JAMBI #KERINCI #korem 042/gapu #Kemas Faried #Fachrori Rombak Pejabat #danrem 042 Gapu #SUNGAI PENUH #SUAP KETOK PALU #surat suara Jambi #abdul Fattah meninggal #PRABOWO KE JAMBI #Pemberhentian Zumi Zola #TEBO #TANJABTIMUR #TANJABBARAT #TMMD Kerinci #TABLOID INDONESIA BAROKAH #Rocky Gerung #relawan demokrasi #REKI #Edi Purwanto #UIN STS Jambi #Pelecehan seksual #bawaslu provinsi jambi #Debat Pilpres 4 #Pahlawan nasional #Raden Mattaher #Partai Berkarya #KKI WARSI #pohon asuh #Edi Purwanto #iin inawati #Jambi masa lalu #Sejarah jambi #Musri Nauli #angin kencang Bungo #Kantor Pos Bungo Diterjang Angin #Syaihu ke PTUN #Demo UINS STS Jambi #Pelecehan seksual #Penyelundupan Lobster #Lobster Jambi #masa tenang #money politic #BAWASLU KOTA JAMBI #SYARIF FASHA #FACHRORI UMAR #HASIL PILPRES 2019 #HASIL PILEG 2019 #17 April 2019 #Minyak ilegal #Polda Jambi #KPPS Dipecat #PEMILU 2019 #LOGISTIK PEMILU 2019 #KPU PROVINSI JAMBI #Caleg Gerindra Ditangkap di Sungaipenuh #Mualaf Center Indonesia #kotak suara rusak #Hasil Pileg Tanjabbar #KPPS Meninggal Dunia #Pembakaran Kotak Suara #Prediksi Kursi di Provinsi Jambi #Pleno Rekapitulasi Suara #Harga Bawang putih #PLENO KPU PROVINSI JAMBI #Sutan Adil Hendra #SIDANG PELANGGARAN BAWASLU #Ketua DPRD Kota Jambi #Kemendagri #Samsat Jambi #Ratu Munawarrah #PIlgub Jambi #Anggota DPRD pindah parpol #DPRD Sungai Penuh #aksi Mahasiswa Jambi #GUGATAN PARPOL DI MK #Polda Jambi