Al Haris: ASN Tak Mau Gajinya Dipotong Untuk Zakat, Buat Surat Pernyataan



Senin, 11 Februari 2019 - 12:58:04 WIB



JAMBERITA.COM, MERANGIN - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Merangin menggelar rapat optimalisasi pengumpulan zakat infaq dan sedekah dilingkup Aparatur Sipil Negara (ASN) Kabupaten Merangin di Ruang Pola Bupati Merangin pada Kamis (07/02/2019).

Berdasarkan data Baznas Merangin untuk perencanaan penerimaan dan penyaluran Zakat, Infaq dan sadaqah untuk tahun 2019. Penerimaan yaitu, saldo tahun 2018 Rp. 484.334.136, penerimaan Zakat sebesar Rp. 2.830.000.000 serta Infaq sebesar Rp. 370.000.000 total keseleruhunan Rp. 3.684.334.136. sedangkan rencana penyalurannya yaitu, Zakat Rp. 2.619.398.560, Infaq Rp. 307.289.865, Total penyaluran Rp. 2.926.688.425.

Dana tersebut kemudian disalurkan, untuk zakat diberikan kepada asnaf(golongan orang yang berhak menerima zakat). Dan infaq dan sadaqah disalurkan ke program-program, Merangin Sehat, Merangin Pintar, Merangin Sejahtera, Merangin Peduli dan Merangin Religius.

Bantuan program merangin sejahtera berupa bantuan modal usaha bagi pedagang kaki lima, pedagang ekonomi lemah. Untuk program merangin peduli, bantuan untuk korban bencana alam, perbaikan rumah masyarakat miskin dan program merangin religius bantuan bagi para Hafizh Qur'an yang sedang belajar menghafal Qur'an.

Untuk zakat ASN dikeluarkan 2,5% dari potongan keseluruhan jumlah pendapatan. Mulai dari gaji, tunjungan jabatan, TPP, tunjangan fungsional, tunjangan sertifikasi.

Menurut Bupati Merangin, bagi ASN yang tidak mau gajinya di potong untuk membuat surat pernyataan yang ditujukan kepada Bupati Merangin  yang menyatakan tidak bersedia gajinya dipotong untuk zakat.

"Baznas ini memiliki potensi yang sangat besar bagi daerah kita, tetapi potensi besar ini belum merata dan ini tugas kita semua bagaimana potensi ini bisa lebih baik lagi," ujar Al Haris Bupati Merangin.

Bupati mengatakan saat ini pemerintah kesulitan dalam kebijakan sosial seperti memberikan bantuan-bantuan karena terbentur dengan banyaknya kendala aturan yang berlaku.

"Di Baznas bisa membantu orang langsung dan ini dibolehkan selagi tidak menyalahi aturan atau tidak fiktif, untuk bantuan sosial sekarang kita banyak terbantu dari dana CSR dan Basnas, dimana dana ini yg bisa digunakan langsung disaat kita turun langsung meninjau ke tempat kejadian," ujar Bupati Merangin.

Dari kegiatan tersebut dirinya berharap kepada Kepala Sekolah, Korwil Disdikbud serta bendaharawan dinas agar dapat bekerja maksimal dalam  membantu pemerintah untuk penerimaan dana Baznas tersebut.

"Penggunaannya tidak terpaku untuk orang miskin saja, kita juga ada bantuan sosial seperti sunatan massal bagi anak anak yang kurang mampu, kita juga bisa bedah rumah lansia miskin, kedepan mari kita bersama sama agar dapat memaksimalkan basnaz didaerah kita," pinta Bupati. (adv)




Tagar:

# MERANGIN








loading...










#DEBAT KANDIDAT PILWAKO #BAKSO TARSYID #SIDANG SUPRIYONO #PLN #DEBAT PILWAKO 1 #ZOLA DIPERIKSA KPK #BATU BARA #VONIS KETOK PALU #ZUMI ZOLA TERSANGKA #SAROLANGUN #MUARO JAMBI #MERANGIN #Miss Indonesia 2019 #Nenek Zumi Zola Meninggal #BUNGO #BERITA JAMBI #BATANGHARI #cawagub fachrori #caleg PBB Jambi mundur #ZUMI ZOLA #LHKPN #KOTA JAMBI #KERINCI #korem 042/gapu #Kemas Faried #Fachrori Rombak Pejabat #danrem 042 Gapu #SUNGAI PENUH #SUAP KETOK PALU #surat suara Jambi #abdul Fattah meninggal #PRABOWO KE JAMBI #Pemberhentian Zumi Zola #TEBO #TANJABTIMUR #TANJABBARAT #TMMD Kerinci #TABLOID INDONESIA BAROKAH #Rocky Gerung #relawan demokrasi #REKI #Edi Purwanto #UIN STS Jambi #Pelecehan seksual #bawaslu provinsi jambi #Debat Pilpres 4 #Pahlawan nasional #Raden Mattaher #Partai Berkarya #KKI WARSI #pohon asuh #Edi Purwanto #iin inawati #Jambi masa lalu #Sejarah jambi #Musri Nauli #angin kencang Bungo #Kantor Pos Bungo Diterjang Angin #Syaihu ke PTUN #Demo UINS STS Jambi #Pelecehan seksual #Penyelundupan Lobster #Lobster Jambi #masa tenang #money politic #BAWASLU KOTA JAMBI #SYARIF FASHA #FACHRORI UMAR #HASIL PILPRES 2019 #HASIL PILEG 2019 #17 April 2019 #Minyak ilegal #Polda Jambi #KPPS Dipecat #PEMILU 2019 #LOGISTIK PEMILU 2019 #KPU PROVINSI JAMBI #Caleg Gerindra Ditangkap di Sungaipenuh #Mualaf Center Indonesia #kotak suara rusak #Hasil Pileg Tanjabbar #KPPS Meninggal Dunia #Pembakaran Kotak Suara #Prediksi Kursi di Provinsi Jambi #Pleno Rekapitulasi Suara #Harga Bawang putih #PLENO KPU PROVINSI JAMBI #Sutan Adil Hendra #SIDANG PELANGGARAN BAWASLU #Ketua DPRD Kota Jambi #Kemendagri #Samsat Jambi #Ratu Munawarrah #PIlgub Jambi #Anggota DPRD pindah parpol #DPRD Sungai Penuh #aksi Mahasiswa Jambi #GUGATAN PARPOL DI MK #Polda Jambi