Perkuat Fungsi Anggaran dan Pengawasan, SAH Pimpin Komisi X DPR ke Kepri



Kamis, 03 Mei 2018 - 09:08:41 WIB



SAH saat memimpin kunjungan ke Kepri
SAH saat memimpin kunjungan ke Kepri

JAMBERITA.COM- Kunjungan Kerja Komisi X DPR RI ke Tanjung Pinang Provinsi Kepulauan Riau (29 April - 3 Mei 2019) ini menjadi titik penguatan kinerja anggaran (Budgeting) dan pengawasan (Controlling) mitra kerja oleh DPR.

Sebagai alat kelengkapan DPR yang memiliki mitra kerja di bidang pendidikan, pariwisata, pemuda olahraga, riset dan pendidikan tinggi, ekonomi kreatif, dan pustaka budaya, Komisi X DPR selalu dituntut untuk memperkuat fungsi anggaran dan pengawasan di tiap kementerian, badan dan lembaga yang menjadi mitra kerjanya.

Penegasan ini disampaikan Pimpinan Komisi X DPR RI Sutan Adil Hendra (SAH) ketika melakukan kunjungan kerja ke Tanjung Pinang Provinsi Kepulauan Riau.

"DPR RI khususnya Komisi X DPR RI selalu dituntut mengoptimalkan fungsi pengawasan dan anggaran tiap Kementerian, Badan dan Lembaga yang menjadi mitra kerja,” jelasnya.

Menurutnya dalam hal ini tanggung jawab anggaran harus bisa sejalan dengan efektivitas pengawasan di sektor-sektor strategis seperti pendidikan, pariwisata, ekonomi kreatif dan sebagainya.

Seperti bidang pendidikan memiliki tanggung jawab dalam meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) formal melalui institusi sekolah dan perguruan tinggi, harus dipastikan anggaran yang teralokasikan memberi dampak pada kualitas dan pemerataan. 

"Untuk mewujudkan ini, strategi pengawasan harus bisa dilakukan baik terhadap progres anggaran maupun kualitas program yang dilaksanakan," imbuhnya.

Sehingga dalam upaya meningkatkan pemerataan dan kualitas program di masing-masing mitra kerja di berbagai wilayah tanah air, Komisi X melakukan pengawasan harus terarah, bertahap dan berkelanjutan. “Salah satunya kita lakukan di Provinsi Kepulauan Riau hari ini,“ jelas Anggota Fraksi Partai Gerindra DPR RI tersebut. 

Dalam kunjungan selama tiga hari tersebut, SAH mengatakan ada beberapa agenda yang dilakukan Komisi X seperti pertemuan dengan pemangku kepentingan pendidikan dan pariwisata termasuk meninjau kondisi pustaka wilayah di negeri Sultan Ali Haji Bintan ini.(*/sm)

 



Artikel Rekomendasi