Tak Banyak yang Tahu, Ki Hajar Dewantara adalah Jurnalis



Rabu, 02 Mei 2018 - 13:25:52 WIB



JAMBERITA.COM - Setiap tanggal 2 Mei, Indonesia memperingati hari pendidikan nasional. Banyak netizen kemudian menyampaikan selamat hari pendidikan melalui foto atau bahkan meme. Namun demikian tak banyak yang tau siapa sebenarnya Ki Hajar Dewantara yang merupakan bapak pendidikan nasional itu.

Tak banyak yang tau ternyata pria kelahiran Yogyakarta 2 Mei 1889 itu adalah seorang wartawan beberapa media yang pernah dia rintis adalah diantaranya De Express, Midden Java, Oetoesan Hindia, Kaoem Moeda, Poesara, Tjahaja Timoer dan Sedyotomo.

Pada eranya, ia termasuk penulis fenomenal Tulisan-tulisan Ki Hajar Dewantara sangat komunikatif namun juga tajam dan patriotik, sehingga mampu membangkitkan semangat anti-kolonial bagi pembacanya.

Selain gigih sebagai seorang wartawan muda, ia juga aktif dalam organisasi sosial dan politik. Pada tahun 1908, Ki Hajar Dewantara aktif di seksi propaganda organisasi Boedi Oetomo untuk bersosialisasi dan menggugah kesadaran masyarakat Indonesia pada waktu itu tentang pentingnya persatuan dan kesatuan dalam berbangsa dan bernegara.

Kemudian, bersama dengan Dr. Danudirdja Setyabudhi atau yang lebih dikenal Douwes Dekker dan dr. Cipto Mangoenkoesoemo, Ki Hajar Dewantara mendirikan Indische Partij (partai politik pertama yang beraliran nasionalisme di Indonesia) pada tanggal 25 Desember 1912 yang bertujuan untuk kemerdekaan Indonesia.







loading...