PUPR Jambi Genjot Proyek Multiyears Selesai di 2024



Senin, 06 Mei 2024 - 19:54:31 WIB



JAMBERITA.COM - Plt Kadis PUPR Provinsi Jambi Nasrul mulai melakukan langkah strategis dalam menuntaskan proyek Multiyears di Jambi. Baik itu Jalan Sp Pudak - Suak Kandis, Batang Asai Sarolangun, Stadion Pijoan dan Islamic Centre. 

Nasrul pun, mengumpulkan semua kontraktor dan konsultan pengawas dalam mengejot semua pekerjaan agar selesai sesuai dengan target di akhir 2024. "Masyarakat Jambi sudah tidak sabar untuk menikmati proyek Multiyears Jambi yang ada sehingga kita harap melaui rapat ini merupakan langkah untuk mempercepat setiap pekerjaan selesai tepat waktu," kata Nasrul, Senin (6/5/2024).

Dalam pertemuan tersebut, juga muncul inisiatif antara kedua belah pihak yaitu menambah tenaga kerja dan alat sarana prasarana yang dibutuhkan dalam setiap pekerjaan."Kita lakukan percepatan, dengan membuat kesepakatan tertulis dengan kontraktor dan konsultan pengawas lapangan agar mempercepat pekerjaannya, baik dengan menambah tenaga kerja ataupun alat," tegasnya.

Nasrul juga menegaskan setelah adanya kesepakatan bersama, tentu pihaknya sebagai leading sektor pekerjaan tersebut akan melakukan monitoring dan evaluasi bahkan akan turun langsung melihat hasil dari kesepakatan hari ini."Kami akan cek apa yang minus dari kesepakatan ini di lapangan, dan akan dilakukan rapat lanjutan di lapangan untuk mencari solusi lain," terangnya.

Nasrul menjelaskan, penambahan tenaga kerja akan dilakukan pada pekerjaan Islamic Center. Dimana saat ini progres sudah mencapai 57,53 persen , yang akan ditambah tenaga kerja sebanyak 70 orang untuk pekerjaan arsitektur (bagian dalam).

Sementara, untuk pekerjaan baja akan ditambah 20 orang."Jumlah ini untuk menambah tenaga kerja yang sudah ada sejauh ini, untuk mempercepat sebelum akhir tahun selesai," tegasnya.

Hal yang sama juga berlaku untuk pembangunan Stadion Pemprov di Kelurahan Pijoan Kabupaten Muaro Jambi. Disamping tenaga kerja yang ditambah akan dilakukan pekerjaan pagar. Adapun Stadion yang diberi nama Stadion Swarna Bhumi oleh Gubernur Jambi Al Haris ini, hingga akhir April lalu sudah terealisasi sebanyak 55,54 persen.

Sedangkan untuk pekerjaan ruas jalan Simpang Pelawan - Batang Asai dilakukan penambahan alat pekerjaan. Seperti penambahan armada dari 23 menjadi 46 Dump Truk. "Lalu pekerjaan rigit pavemen sepanjang 8,9 km dg sisa 373 meter yang belum dikerjakan serta penambahan alat pneumatic tyre rolle (PTR) sebanyak 1 unit," bebernya.

Untuk ruas jalan yang berada di Kabupaten Sarolangun itu sendiri sudah mencapai 54 persen. Terdapat deviasi lantaran sempat tergenang banjir pada awal tahun 2024. Lalu jala ruas Simpang Pudak - Suak Kandis akan dilakukan penambahan 1 set alat untuk setiap pekerjaan dan progresnya sudah mencapai 71 persen.

Sementara itu Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Islamic Center, Iwan Syafwadi juga mengingatkan kontraktor target pekerjaan yang tinggal 7 bulan lagi. Ia meminta segera dilakukan penambahan tenaga kerja sesuai dengan kesepakatan perecepatan. "Kami minta kontraktor terus memantau dan menyesuaikan denga time sqedjule," terangnya.

Langkah percepatan itu pun disambut baik kontraktor pekerjaan. Seperti dari Islamic Center perwakilan dari project Manager PT.Karya Bangun Mandiri menyatakan akan menambah tenaga kerjanya mulai 13 Mei 2024 mendatang.

Selain itu, apresiasi dan harapan dengan dilakukannya percepatan pembangunan islamic Centere oleh Dinas PUPR Provinsi Jambi juga direspon baik oleh salah satu Tokoh Agama Jambi Selatan/Mubligh Muda Khoiron."Harapan ini bisa menjadi pusat kegiatan religius bagi generasi muda harapan bangsa. Dan Islamic centre nanti juga memberikan akses kepada generasi muda melakukan aktivitas keagamaan

Kemudian bisa meningkatkan UMKM bila nanti Islamic Centre menjadi icon pusat Ibadah dan Pusat Peradaban Islam di Provinsi Jambi," (afm)





Artikel Rekomendasi