Pegadaian Ajak Masyarakat Untuk Mulai Investasi Emas



Sabtu, 04 Mei 2024 - 18:35:44 WIB



JAMBERITA.COM - Emas merupakan instrumen investasi yang  banyak digandrungi masyarakat. Harganya yang cenderung stabil menjadi salah satu keuntungan investasi emas. Emas pun telah lama dipandang sebagai aset yang aman untuk berinvestasi. Untuk itu, investasi emas cocok bagi investor pemula atau yang memiliki profil risiko konservatif. Hal ini diterangkan oleh Dwi Hadi Atmaka, Pemimpin Wilayah Kanwil III Sumbagsel, PT Pegadaian Indonesia.

‘’Investasi emas memiliki berbagai macam bentuk. Tidak harus dalam bentuk menyimpan emas fisik, berinvestasi emas dapat dilakukan secara online. Berbeda dengan instrumen investasi lainnya yang rentan, nilai emas justru tahan terhadap fluktuasi ekonomi, seperti inflasi dan resesi. Dalam jangka pendek harga emas memang bergerak fluktuatif. Namun, dalam jangka panjang nilai emas cenderung bergerak naik,’’ terang Dwi Hadi, di media gathering PT Pegadaian dan media di Kota Jambi, Sabtu (4/5/2024).

Ditambahkan oleh Dwi, Kenaikan harga emas umumnya di atas rata-rata inflasi. Oleh karena itu, menabung emas sangat cocok untuk investasi jangka panjang. Emas sangat mudah dikonversikan dalam bentuk uang tunai ketimbang instrumen investasi lainnya. Di sisi lain, pasar emas sangat besar dan mudah diakses sehingga emas dapat diperjualbelikan dengan mudah, bahkan ketika kondisi pasar lain sedang sulit. Kemudahan lainnya, terang dia dengan nada ramah, berinvestasi emas tidak membutuhkan dana yang besar.

‘’Pembelian emas fisik, seperti di Antam dapat dilakukan dengan satuan terkecil 0,5 gram yang saat ini di kisaran Rp 600.000. Bahkan, kini investasi emas bisa dilakukan dengan modal mulai Rp50.000 melalui program tabungan emas digital Pegadaian. Jadi, risiko minim dengan keuntungan besar. Emas juga kebal terhadap inflasi. Emas fisik juga dapat disimpan dalam jangka waktu yang lama tanpa mengalami perubahan fisik dan kualitas. Portofolio investasi yang terdiversifikasi akan mengurangi risiko investasi,’’ tambahnya.

Pada kesempatan itu, Dwi juga mengajak media yang hadir untuk berkecimpung di bisnis agen Pegadaian. Karena bisa  menjadi menjadi pilihan menarik bagi banyak individu yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan. Berperan sebagai perantara antara masyarakat dengan Pegadaian, menjadi agen Pegadaian memiliki sejumlah manfaat yang tak bisa diabaikan.(*)



Artikel Rekomendasi