Kapenrem 042 Gapu Ikuti Workshop Menulis Penerangan TNI AD 2022



Senin, 23 Mei 2022 - 21:22:04 WIB



JAMBERITA.COM– Kepala Penerangan Korem 042/Gapu Mayor Inf RM. Hatta ikuti Workshop Menulis Penerangan TNI AD Tersebar 2022 melalui video conference (vicon) di lingkungan Kodam II/Sriwijaya, bertempat di Makorem 042/Gapu Jalan Jenderal Urip Sumoharjo, Sungai Putri, Kec. Danau Sipin, Kota Jambi, Jambi, Senin (23/05/2022).

Dalam keterangan tertulis Kapenrem 042/Gapu Mayor Inf RM hatta, dikatakan bahwa kegiatan Workshop Menulis Penerangan Tersebar TNI AD Semester I Tahun 2022 dengan tema "Optimalisasi Fungsi Penerangan Melalui Peningkatan Kemampuan Menulis Personel Satuan TNI AD", dibuka Kepala Penerangan Kodam (Kapendam) II/ Sriwijaya Letkol Kav Rohyat Happy Ariyanto, S.Sos.,MM

Adapun kegiatan tersebut akan berlangsung selama 3 hari, mulai tanggal 23 sd 25 Mei 2022 dan diikuti 50 peserta yang merupakan personel Penerangan Kodam II/Sriwijaya, para Kapenrem dan penerangan Balakdam serta perwakilan Kodim dan Batalyon yang menangani masalah penerangan di satuan di wilayah Palembang dan Sumbagsel.

Untuk pelaksanaannya, Satuan Garnizun Palembang dilaksanakan di Gedung Nasution Makodam II/Swj, sedangkan untuk Satuan Korem 041, 042, 042, dan 045 dilaksanakan di satuan masing-masing secara Vicon, ungkap Hatta.

Pada kesempatan tersebut, Kapendam II/Swj Letkol Kav Rohyat Happy Ariyanto membacakan sambutan tertulis Pangdam II/Swj Mayjen TNI Agus Suhardi menyampaikan ucapkan selamat datang di Kodam II/Sriwijaya kepada Kasubdislisstra Dispenad Kolonel Inf Heru Dwi Wahan, beserta anggota tim, Mayor Arh Viki Herwandi dan Mayor Arm Ida Bagus dan para peserta workshopbaik secara virtual maupun secara vicon. “Semoga kegiatan yang akan kita laksanakan nanti dapat menambah wawasan bidang Penerangan, khususnya tentang penulisan yang bernilai strategis, sehingga mampu mendukung tugas pokok satuan Penerangan jajaran TNI AD”, ujarnya.

Kegiatan workshop menulis Penerangan TNI Angkatan Darat bertujuan untuk meningkatkan kualitas prajurit penerangan Angkatan Darat di jajaran Kodam II/Swj, khususnya dalam membuat tulisan pimpinan baik yang akan dimuat di media maupun dibacakan langsung,

Selaras dengan tema yang diangkat pada kegiatan ini yaitu optimalisasi fungsi penerangan melalui peningkatan kemampuan menulis personel satuan penerangan, saya berharap tema tersebut akan dijadikan pedoman dalam setiap pelaksanaan tugas.

Berkaitan dengan hal tersebut kepada para peserta agar bersungguh-sungguh, dengan penuh rasa tanggung jawab, simak dan perhatikan dengan baik semua materi yang diberikan oleh narasumber dan tanyakan hal yang belum dipahami maupun kendala yang selama ini ditemui dalam pelaksanaan tugas dengan tujuan dan sasaran yang ingin dicapai, ungkapnya.

Lebih lanjut Pangdam menyampaikan kepada tim pemateri untuk dapat menyampaikan semua materi yang jelas dan mudah dipahami, sehingga peserta mampu menyerap semua untuk kemudian diterapkan di satuan masing-masing.

Dalam penekanannya Kapendam II/Swj Letkol Kav Rohyat Happy Ariyanto. Kepada seluruh peserta Workshop, untuk benar benar menyimak dengan baik seperti yang disampaikan oleh Bapak Pangdam II/Swj dalam amanatnya, “Karena ini merupakan ilmu yang bagus yang bisa kita jadikan pedoman sehingga kita dalam menulis tidak ragu-ragu lagi dan hasilnya pun bisa bagus dan enak dibaca oleh orang banyak,“ imbuhnya.

“Orang banyak menganggap bahwasanya fungsi penerangan ini seperti hanya dipandang sebelah mata, penerangan bukan hanya bisanya cari foto kanan, foto kiri dan video, penerangan sebagai corong dari satuan kita masing-masing, dengan kesempatan ini mari kita tunjukkan dan berikan yang terbaik melalui publikasi media dengan hal-hal yang positif yang lain,“ jelas Kapendam.

Sementara, Kepala Dinas Penerangan Angkatan darat (Dispenad) dalam sambutannya yang dibacakan oleh Kasubdislisstra Dispenad Kolonel Inf Heru Dwi Wahan mengatakan tujuan dari workshop menulis penerangan TNI AD tersebar tahun 2022 untuk menumbuhkan budaya menulis bagi personel satuan penerangan.

Selanjutnnya mendorong lahirnya kemampuan menuangkan ide dan gagasan dalam bentuk tulisan untuk mendukung tugas satuan TNI AD kedepan.

Selain itu workshop menulis penerangan TNI AD merupakan salah satu program kerja Dispenad sebagai upaya meningkatkan peran personel satuan Penerangan.” pungkas Kolonel Heru mengutip sambutan Kadispenad.

Selama kegiatan Workshop tersebut, para peserta akan diberikan pembekalan materi dari Dispenad dengan narasumber Kolonel Inf Heru Dwi Wahan, Mayor Arh Viki Herwandi dan Mayor Arm Ida Bagus. Sedangkan materi yang disampaikan antara lain, peran media, penulisan berita dan penulisan Amanat/Sambutan, Strategi pemanfaatan media sosial satuan serta praktik/Coaching dan pembulatan materi.(*)





Artikel Rekomendasi