Hati-hati Mark Up, Kejati Kawal 9 Proyek Jalan Pemprov Jambi



Kamis, 19 Mei 2022 - 13:56:37 WIB



Suasana Pemaparan Terkait 9 Proyek Jalan Bersama Dinas PUPR Provinsi Jambi Berlangsung di Aula Jaksa Agung Suprapto, Kejati Jambi, Kamis (19/5/2022).
Suasana Pemaparan Terkait 9 Proyek Jalan Bersama Dinas PUPR Provinsi Jambi Berlangsung di Aula Jaksa Agung Suprapto, Kejati Jambi, Kamis (19/5/2022).

JAMBERITA.COM - Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jambi mengundang seluruh Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) konsultan sampai dengan Kontraktor terkait proyek Multiyers pembangunan jalan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi.

Kepala Kejati Jambi Sapta Subrata menegaskan pihaknya akan melakukan pendampingan dan pengamanan terkait proyek strategis tersebut melalui Tim PPS. Tim akan mengawal 9 proyek pembangunan jalan yang menjadi prioritas pembangunan di Jambi dengan catatan semua dilaksanakan sesuai prosedur.

"Saya juga terbuka jika ada yang bermain proyek segera laporkan karena akan saya ambil tindakan hukuman, jika ada pungli dari oknum yang tidak bertanggungjawab juga segera laporkan," tegasnya di Aula Jaksa Agung Suprapto, Kejati Jambi, Kamis (19/5/2022).

Selanjutnya, Ketua Tim PPS Kejati Jambi sekaligus Asintel, Jufri menerangkan jika kejaksaan juga mengundang seuruh PPK, Direktur pelaksana dan Konsultan Pengawas untuk memastikan seluruh pekerjaan dilaksanakan sendiri tidak dipinjam perusahaan."Tim PPS sengaja mengundang PPK, kontraktor dan pengawas untuk mengantisipasi pengalihan rekanan/ pinjam bendera," jelasnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas PUPR Provinsi Jambi M Fauzi memaparkan 9 proyek pembangunan jalan sesuai SK Gubernur Jambi. Jika jalan-jalan ini diperbaiki, karena jalan-jalan tersebut merupakan penghubung antar desa sehingga dapat memperlancar lalu lintas daerah yang sedang berkembang, serta tercapainya pemerataan hasil pembangunan.

"Juga meningkatkan pelayanan distribusi hasil pertanian, perkebunan serta barang dan jasa guna menunjang pertumbuhan ekonomi masyarakat," tuturnya.

Kasi Penkum Kejati Jambi Lexy Fatharany menambahkan, bahwa telah dilaksanakan pemaparan Proyek Strategis Provinsi Jambi berupa Pembangunan Jalan pada Bidang Bina Marga Dinas PUPR Propinsi Jambi yang ditetapkan dalam SK Gubernur Jambi Nomor : S-2765/DPUPR-1/XII/2021 tanggal 14 Desember 2021 perihal Kegiatan Strategis Infrastruktur Tahun 2022.

"Hadir dalam paparan antara lain PPK tiap pekerjaan, kontraktor pelasana dan konsultan pengawas dengan harapan para pihak lebih bekerja profesional sehingga pekerjaan tepat biaya sesuai spesifikasi pekerjaan dan tanpa mark up," jelasnya.

Adapun 9 titik jalan yang akan dibangun ditahun 2022 yaitu Jalan Sei. Saren - Teluk Nilau - Senyerang - Bts. Riau dengan nilai pagu Rp 60 Miliar dengan target pekerjaan Multiyers tahun 2022-2024. Proyek kedua Pekerjaan Jalan Desa Simpang - Simp. Jembatan Ma. Sabak dengan nilai pagu Rp 11,4 Miliar, ketiga Pekerjaan Jalan Desa Simpang/Berbak - Simp. Jembatan Ma. Sabak Tahun 2022 nilai pagu Rp10,5 Miliar.

Proyek keempat Pekerjaan Jalan Sp. Talang Pudak - Suak Kandis, Multiyers 2022-2024 dengan nilai anggaran Rp396 Miliar; kelima Pekerjaan Jalan Lingkar Muaro Bungo (Sei. Mengkuang - Simp. Sei. Buluh – Simp. Tanjung Menanti - Simp. Terminal - Sei. Binjai) dengan nilai pagu Rp12 Miliar.

Proyek keenam Pekerjaan Jalan Tempino - Ma. Bulian dengan nilai pagu Rp25,6 Miliar, proyek ketujuh Pekerjaan Jalan Dusun Tuo – Jangkat dengan nilai pagu Rp40 miliar; Proyek kedelapan Pekerjaan Jalan Simp. Pelawan - Sei. Salak - Pkn. Gedang/Btg. Asai Multiyers 2022-2024 dengan nilai anggaran Rp247 Miliar, proyek kesembilan pekerjaan Jalan Muara Tebo - Simp. Logpon dengan nilai pagu Rp15 Miliar.(afm)





Artikel Rekomendasi