Cek Kebugaran Fisik Prajurit, Korem 042/Gapu Gelar Tes Garjas Periodik



Rabu, 18 Mei 2022 - 22:38:56 WIB



JAMBERITA.COM- Prajurit jajaran Korem 042/Gapu baik Perwira, Bintara dan Tamtama melaksanakan Tes Kesegaran Jasmani (Garjas) periodik semester I TA. 2022. digelar selama 4 hari dari 17-20 Mei 2022, bertempat Stadion Tri Lomba Juang (Koni) Kota Jambi, Rabu 18/05/2022.

Dalam pelaksanaan Garjas diawali dengan pengukuran tensi oleh tim Kesehatan, Dari hasil tensi tersebut yang dinyatakan memenuhi syarat dapat mengikuti Garjas dan yang tidak memenuhi syarat tidak boleh mengikuti, selanjutnya seluruh peserta menerima pengarahan dari Tim wasev dari Jasdam. 

Tes Garjas meliputi tes kesegaran “A” yaitu lari 12 menit dan tes kesegaran “B” Pull Up, Sit Up Twist, Push Up, Lunges dan Shuttle Run serta Ketangkasan renang sejauh 50 meter. 

Tes kesegaran jasmani periodik ini merupakan kewajiban bagi prajurit yang harus dilaksanakan guna mengetahui sejauh mana tingkat kebugaran fisik prajurit yang sekaligus untuk mengukur kemampuan fisik prajurit secara berkala. Selain itu, untuk melihat tingkat keberhasilan pembinaan fisik setiap prajurit.

Hal tersebut, sesuai yang disampaikan Plh Kajasrem Letda Arh Iman, bahwa pembinaan fisik yang dilakukan secara rutin sangat membantu dalam mengikuti tes Garjas kapanpun dilaksanakan. 

"Jika menginginkan target nilai yang memuaskan, maka setiap perorangan harus melatih dirinya dengan sungguh-sungguh untuk menghindari kerugian terhadap personel", ucapnya.

"Tes kesegaran jasmani ini merupakan kewajiban setiap prajurit dan tes kesegaran jasmani ini merupakan program TNI AD yang harus dilaksanakan oleh setiap prajurit TNI AD. Untuk itu, seluruh prajurit wajib membina fisiknya dengan baik serta memanfaatkan kegiatan pembinaan fisik di satuan, " terangnya.

Ketua tim wasev dari Jasmani Kodam II/Swj Mayor Inf Joko juga menekankan kepada seluruh prajurit, jaga faktor keamanan selama kegiatan berlangsung dan melaksanakan kegiatan dengan maksimal sesuai kondisi fisik serta kemampuan masing-masing, diharapkan hasil Garjas periodik ini sesuai standar nilai dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Dalam pelaksanaan Garjas dilengkapi perlengkapan pendukung seperti Wet-bulb globe temperature untuk mengukur kelembapan suhu, blower pendingin, alat kesehatan mulai dari tabung oksigen, tandu sampai ambulance dan tenda. 

Pelaksanaan Garjas periodik I ini diawasi langsung oleh Kasi Pers Kasrem 042/Gapu Letkol Kav Didi Carsidi, S.Sos., M.I.Pol., dan Mayor Inf Joko dari Jasdam II/Swj.(*)





Artikel Rekomendasi