Seleksi Calon Paskibraka Tingkat Provinsi Jambi dan Nasional Tahun 2022 Resmi Dibuka



Rabu, 18 Mei 2022 - 11:05:26 WIB



Sekda Provinsi Jambi Sudirman saat Pengalungan Tanda Pelaksanaan Seleksi Calon Paskibraka Tingkat Provinsi dan Nasional Resmi Dibuka, Rabu (18/5/2022).
Sekda Provinsi Jambi Sudirman saat Pengalungan Tanda Pelaksanaan Seleksi Calon Paskibraka Tingkat Provinsi dan Nasional Resmi Dibuka, Rabu (18/5/2022).

JAMBERITA.COM - Seleksi calon Paskibraka tingkat Provinsi dan nasional resmi dibuka yang diikuti oleh 100 orang pelajar SMA/SMK/MAN dari kabupaten kota se Provinsi Jambi.

Rencananya kegiatan ini awalnya akan dibuka secara resmi oleh Gubernur Jambi Al Haris, lalu di wakilkan kepada Sekda Provinsi Jambi Sudirman.

Sudirman mengatakan, dalam seleksi ini nantinya 2 orang putra putri terbaik Jambi akan dipilih untuk bertugas ke tingkat nasional pada 17 Agustus 2022 mendatang di istana negara. 

"Saya berharap, mereka yang terpilih nantinya merupakan putra putri terbaik, tapi yang gagal dalam seleksi siap untuk bertugas di kab/kota masing-masing," katanya kepada awak media, di Shang Ratu, Rabu (18/5/2022).

Sudirman berharap tahapan seleksi yang dilaksanakan oleh panita dan dan tim seleksi ini juga dapat berjalan dengan dan objektif."Karena yang dipilih nanti adalah Paskibraka yang terbaik dalam bertugas mengibarkan duplikat bendera pusaka," tegasnya.

Sebagaimana amanat Gubernur Jambi Al Haris, kata Sudirman telah Ia sampaikan agar semua pihak agar dapat objektif sehingga memperoleh putra putri terbaik untuk bertugas di tingkat nasional dan bisa bertanggungjawab.

"Mudah mudahan adik adik sehat semua dan semangat, mereka adalah putra putri terbaik dari kab/kota, untuk di (Seleksi) saring," ungkapnya.

100 peserta yang mengikuti seleksi calon Paskibraka tingkat provinsi dan nasional ini, 54 orang untuk di tingkat provinsi dan 2 orang akan bertugas di tingkat nasional."Selebihnya nanti, adik adik yang belum terpilih tetap bertugas di kab/kota masing-masing," jelasnya.

Selanjutnya, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Jambi Akmad Bastari menyampaikan seleksi akan dilaksanakan selama tiga hari yakni 17-20 Mei 2022.

"Maksud dan tujuan untuk mendapatkan calon Paskibraka yang sehat jasmani, dan rohani, berkemampuan berkepribadian baik dan berakhlak mulia," paparnya.

Akhmad Bastari menjelaskan adapun calon Paskibraka yang mengikuti seleksi ini adalah siswa-siswi SMA/SMK/MAN dari kab/kota se Provinsi Jambi dengan jumlah peserta 100 orang.

"Terdiri dari kota Jambi 20 orang putra dan putri, kabupaten Batanghari 8 orang, Muaro Jambi 8 orang, Sarolangun 8 orang, Merangin 8 orang, Bungo 8 orang, Tebo 8 orang, Kerinci 8 orang, Tanjab Timur 8 orang, Tanjab Barat 8 orang Sungai Penuh 8 orang," bebernya.

Seleksi calon Paskibraka tingkat provinsi dan nasional ini dilaksanakan oleh tim Seleksi, mulai dari Dinas instansi terkait, yakni Korem 042/Gapu, Dispora, BPSDM, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Konsultan psikologi Jambi Kwarda, dan juga melibatkan pihak RSUD Raden Mattaher, PCMI dan PPI.

"Sedangkan materi seleksi terdiri dari pengetahuan umum, kesenian, psikotes dan wawancara, kesehatan kepramukaan, bahasa Inggris, fisik jasmani dan PBB," jelasnya.(afm)





Artikel Rekomendasi