4 Cara Alami Mengurangi Kolesterol Dalam Tubuh



Sabtu, 06 November 2021 - 08:51:56 WIB



Ilustrasi
Ilustrasi

Jakarta - Kolesterol dibagi menjadi kolesterol baik (HDL) dan kolesterol jahat (LDL). Kolesterol baik membantu mengeluarkan kolesterol jahat dari tubuh Anda. Kolesterol jahat yang terlalu banyak meningkatkan risiko penyakit jantung dan gagal ginjal.

Cara alami yang dapat Anda lakukan untuk menekan jumlah kolesterol dalam tubuh antara lain:

1. Mengonsumsi makanan sehat

Makanan berpengaruh besar pada jumlah kolesterol dalam darah. Mengubah pola dan jenis makanan Anda menjadi lebih baik dapat dimulai dengan mengurangi konsumsi lemak jenuh dan lemak trans. Dilansir dari laman Mayo Clibic, lemak jenuh diperoleh dari produk susu tinggi lemak dan daging, sedangkan lemak trans diperoleh dari margarin.

Mengonsumsi serat larut dapat mengurangi penyerapan kolesterol ke dalam aliran darah Anda. Makanan seperti oatmeal, kacang merah, apel, dan pir mengandung serat larut yang tinggi. Makanan yang mengandung nutrisi baik bagi jantung seperti omega-3 juga dapat menjadi pilihan diet sehat rendah kolesterol.

2. Olahraga secara rutin

Berolahraga dapat meningkatkan jumlah kolesterol baik dalam tubuh. Selain itu, olahraga akan membantu Anda dalam mengontrol tekanan darah. Cukup dengan olahraga selama dua setengah jam per minggu, Anda sudah mulai mengurangi kolesterol jahat dan memulai hidup sehat. Banyak pilihan olahraga yang dapat dilakukan, contohnya berjalan, berlari, berenang, bersepeda, hingga yoga.

3. Berhenti merokok

Merokok meningkatkan risiko penyakit jantung. Sel imun seorang perokok tidak mampu mengembalikan kolesterol jahat dari dinding pembuluh darah kembali ke darah untuk diangkut ke hati. Disfungsi sel imun perokok selanjutnya akan berkontribusi lebih jauh pada tingkat keparahan penyumbatan arteri.

4. Turunkan berat badan

Mengatur pola makan sehat dapat berpengaruh baik pada jumlah kolesterol dalam tubuh. Mengurangi berat badan bermanfaat dalam meningkatkan kolesterol baik dan mengurangi kolesterol jahat. Anda dapat memulai menurunkan berat badan menjadi lebih sehat dengan cara berhenti mengonsumsi minuman dengan kadar pemanis yang tinggi dan mengurangi konsumsi camilan terutama yang manis.

"Konsultasi dengan dokter mengenai cara alami mengurangi kolesterol dalam tubuh adalah solusi yang bagus," demikian dikutip Tempo dari laman HealthPartners. Dokter akan membantu Anda untuk membuat rencana yang tersusun dari pengaturan pola makan, aktivitas fisik, hingga perubahan gaya hidup untuk mengurangi kolesterol dalam tubuh.(sumber.tempo.co)



Artikel Rekomendasi