Lakukan Uji Emisi, Kedepan Kendaraan Melebihi Ambang Batas Bisa Disanksi



Selasa, 21 September 2021 - 18:36:05 WIB



JAMBERITA.COM - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Jambi targetkan 1500 kendaraan dapat dilakukan uji emisi. Uji emisi sendiri dilakukan untuk mengurangi jumlah populasi udara, dimana diketahui jumlah kendaraan di Kota Jambi setiap tahunnya mengalami peningkatan.

Uji emisi ini direncanakan akan dilakukan selama tiga hari bertempat di Mako Damkar Kota Jambi, Mall WTC Batanghari dan Gedung Senam Provinsi Jambi Kotabaru.

"Hari ini di Mako Damkar, besok di Mal WTC dan lusa di Gedung Senam provinsi Jambi Kotabaru," terang Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Ardi. Selasa, (21/9/2021).

Ardi mengatakan dengan uji emisi pemilik kendaraan akan mengetahui, apakah kondisi mesin kendaraan mereka dalam keadaan baik atau memang butuh perawatan. Termasuk pemakaian bahan bakar yang dipilih.

"Saat ini gas buang kendaraan bermotor untuk Kota Jambi belum begitu berpengaruh seperti di kota metropolitan. Karena di Kota Jambi masih banyak tanaman tumbuh untuk menyerap gas buang yang ada," jelasnya.

Namun pada beberapa titik tertentu, dijelaskan Ardi gas buang sangat meningkatkan kualitas udara di Kota Jambi.

"Misalnya pada saat jam pergi kerja atau pulang kerja, banyak kendaraan bermotor yang keluar sehingga mempengaruhi kualitas udara," tambahnya. 

Kedepan disebutkan Ardi, bisa saja kendaraan yang melebihi ambang batas toleransi gas buang mendapatkan sanksi.

"Sekarang pemerintah pusat tengah menggodok peraturannya," pungkasnya. (sap)



Artikel Rekomendasi